7 Cara Mengatasi HP Lemot Parah Dengan Mudah

Bagikan:

HP Android Lemot Parah – Anda memiliki HP Android, namun waktu dipakai HP lemotnya minta ampun. Itu bisa bikin emosi kalau tidak segera diatasi.

Walaupun HP-mu mahal, tentu bukan jadi patokan jika suatu saat akan semakin lemot.

Smartphone kini memiliki spesifikasi yang berbeda, tentunya yang membuat HP lemot adalah performanya.

Semakin lama HP yang digunakan akan semakin lelet. Itu merupakan hal yang wajar, karena pertama kali baru beli, HP masih perawan alias belum digunakan dan diinstal aplikasi tambahan.

 

Penyebab HP Android Lemot

7 Cara Mengatasi HP Lemot Parah Dengan Mudah
Perlu banget mengetahui apa saja penyebab HP jadi lemot?. Umumnya HP yang tiba-tiba lemot disebabkan oleh numpuknya data cache, file dan aplikasi yang membuat kinerja HP ​​menjadi lambat, kapasitas penyimpanan dan juga Internal HP menjadi lebih sempit seiring waktu pemakaian.
Pada intinya, HP lemot disebabkan karena faktor penggunaan yang kurang optimal. Terlalu sering memasang atau menginstal aplikasi, game, tema dan widget ketika sudah tidak digunakan lagi, Anda tidak menghapusnya secara keseluruhan. Mungkin karena itu penyebabnya. File Cache menumpuk banyak sehingga menghambat kerja handphone.
Selain itu, berbagai file file lainnya juga perlu ditinjau lagi. FILE yang ada pada penyimpanan menjadi pemicu lain yang bikin HP menjadi lemot. Berkas sampah Malware dan semua file yang tidak penting wajib Anda hapus, jika ingin HP tidak lambat terus.
Terus apa lagi yang membuat HP jadi lemot?, Ada yang bilang kalau kalau widget, laucher atau tema yang bikin HP lambat. Itu memang bisa jadi, karena tema dan widget merupakan aplikasi peluncur yang berjalan dilatar belakang yang akan memakan cukup banyak RAM.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Nah, untuk mengembalikan performa HP seperti baru. Mengoptimalkan kinerja HP ​​agar tidak lemot saat dipakai, maka Anda bisa mencoba beberapa tahap ini.

1. Menghapus Aplikasi dan Game

Ya, dengan menghapus aplikasi dan game, tentu bisa mengurangi penyimpanan RAM dan Internal. Terlalu banyak menginstal aplikasi dan game malah akan membuat beban si-RAM.
Apakah memang harus melacak aplikasi dan game kesayangan Anda?, Tentu tidak, memilih aplikasi mana yang Anda rasa jarang dipakai!.
Bicara soal game, bagi gamers suatu hal yang wajib diinstal pada HPnya. Jika game dihapus, terus main apa?, itu pertanyaannya.
Boleh saja biarkan game kesayangan tidak dihapus, tapi lihat spesifikasi HP Anda dulu. Jika memang spek RAM, Internal, Chipset dan lainnya yang cukup mempuni, Anda tidak wajib menghapusnya. Namun jika memang spek HP Anda kurang, maka pertimbangkan lagi.

2. Menghapus Widget dan Laucher

Pemasangan widget dan laucher akan memberatkan kinerja HP. HP menjadi lemot karena banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Coba kurangi widget dan cukup pasang yang perlu saja seperti jam.
Aplikasi Tema laucher memang bisa mengubah tampilan smartphone menjadi keren. Banyak fitur yang ditawarkan di aplikasi laucher seperti mengubah icon, font, wallpaper dan lainnya. Namun masalahnya aplikasi laucher ini justru memberatkan HP. Selain itu juga, laucher gratisan biasanya berisikan iklan. Tentu selain bikin lemot juga menguras kuota data Anda setiap hari.

3. Memindahkan File Di Internal

Jika HP Anda memiliki penyimpanan internal 16gb lebih, Anda bisa melewati tips ini. Namun sebaliknya, kekurangan pasokan penyimpanan internal itu akan membuat HP lemot.
Mungkin Anda sering menerima notifikasi ‘Penyimpanan Internal Hampir Habis’. Hmm, itu sudah pertanda kalau Anda mulai mengumpulkan file pribadi ke SDcard seperti foto, video, dan file lainnya.
Selain itu, anda juga perlu mencari beberapa file lain yang harus dipindahkan atau bisa memilih untuk dihapus saja. Apa saja? Contohnya, data pribadi tidak penting, aplikasi mentahan, file tidak dikenal, file cache, atau Data Android yang sudah usang.
Bagaimana mencarinya dan menghapus file sampah?, Download saja aplikasi pembersih cache pihak ketiga, seperti Nox Cleaner atau One Boster di Play Store.

4. melakukan Root Android

HP Anda lemot, coba Root Android saja. Root perlunya untuk membuka izin akses HP Android. Root ini digunakan untuk mengoprek Sistem dan Aplikasi Default HP.
Nah, jika HP Anda memiliki spek rendah yang ingin dioptimalkan agar tidak lemot, maka trik ini bisa Anda praktikkan.
Dengan me-root HP, Anda tidak dapat mengubah dan menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting demi melegahkan kapasitas RAM dan Internal.
Cara Root HP gimana?, Meroot HP banyak caranya, seperti root melalui aplikasi kingroot, kingo root dan greenify. Cara Root lainnya bisa melalui menu Recovery Mode, CWM dan TWRP . Selain itu, root via PC juga bisa, pilih sesuai keinginan dan tentunya Anda pilih yang termudah.

5. Perbarui Versi OS Android

Benar-benar untuk menangani HP yang lemot itu mudah, Anda bisa mengupdate OS Android ke versi yang lebih tinggi. Anda sudah tidak lagi harus menghapus aplikasi dan rooting, karena dengan cara ini semua akan teratasi.
Fungsi Update OS adalah mengoptimalkan performa smartphone. Ini juga dapat mengatasi beberapa bug yang sebelumnya ada di OS serta juga penambahan fitur yang lain.
Cara Update OS Android cukuplah mudah, Anda bisa pergi ke menu pengaturan kemudian cari opsi sistem. Pastikan HP anda terhubung jaringan Wifi untuk menghemat, karena proses download OS membutuhakan data sekitar 2GB.

6. Kembali Ke Setelan Pabrik

Langkah selanjutnya untuk mengatasi HP yang lemot yaitu dengan mengembalikan kesetelan Pabrik atau factory reset. Cara kerjanya sama seperti melakukan flashing yakni mengembalikan HP ke pengaturan default.
melakukan factory reset kehilangan semua data yang tersimpan di penyimpanan internal seperti kontak, foto, video, dan file lainnya. Perlu diketahui juga, beberapa aplikasi instalan yang lama juga akan ikut terhapus. Selain itu akun yang tersimpan juga keriset dan perlu login ulang ketika HP selesai di reset.

7. Instal ROM Khusus

Custom ROM akan berguna sekali jika ingin mendorong performa HP. Anda dapat menginstal Custom ROM yang mendukung dengan tipe HP yang digunakan.
Sebelum mengganti OS bawaan atau Official ke ROM Custom, HP anda wajib di root.
Cara install Custom ROM bisa dilakukan via CWM dan menggunakan PC. Tutorialnya Anda bisa browsing atau nonton panduan di Youtube.
Perlu digaris bawahi; Memang dengan mengganti OS bawaan ke Custom ROM bisa mengatasi HP lemot. Tapi, Root dan Install Custom ROM di HP Android membahayakan bootloop dan mati total. Jadi jika Anda belum pernah sebaiknya sebaiknya lewati dulu untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Penutup

Mungkin itu saja tips yang bisa saya bagikan. Pada dasarnya, HP lemot yang disebabkan oleh aplikasi, game dan file yang terlalu banyak sehingga RAM dan Internal tidak mampu menampungnya wajar.
Tapi jika HP Anda memiliki spesifikasi yang lumayan mempuni dan RAM masih banyak ruang kosong, maka Anda perlu mencari penyebabnya. Mungkin saya bisa membantu Anda dengan berkomentar di bawah.
Photo of author

Karim

Menulis Hal Apapun Selagi Itu Bermanfaat Bagi Pembaca

Leave a Comment