Artikel / /
15 Trik dan Rahasia iPhone yang Tidak Banyak Diketahui
Apa kamu pengguna iPhone? Sudah berapa lama menggunakan iPhone? Dan sudah seberapa dalam kamu mengutak-atik iPhonemu?
Untuk kamu yang sudah ataupun belum pernah utak-atik iPhone, kira-kira fitur iPhone apa saja yang sudah kamu ketahui? Tahu nggak sih kalau para teknisi dan designer Apple sudah bertekad untuk merancang sebuah produk yang paling user-friendly dan bisa menampung keinginan kamu  sebanyak mungkin.
Tapi sayangnya, pihak Apple tidak mempublikasikan dokumentasi lengkap dan mendetail terkait produk mereka. Sehingga masih banyak rahasia penggunaan Iphone yang belum diketahui oleh penggunanya, salah satunya mungkin kamu. Ditambah lagi dengan update iOS terbaru yang terkadang membuat kita kebingungan dengan fitur-fitur barunya.
Untuk semua pengguna Apple di Indonesia, nih 15 trik yang kamu harus tau.

1. Set Timer Di Pemutar Musikmu

Set Timer Di Pemutar Musikmu

Untuk kamu pecinta musik, ternyata Apple menghadirkan fitur timer di iPhone kesayangan kamu. Dengan fitur ini tentunya kamu bisa menyetel timer untuk pemutaran musik.
Fitur ini paling berguna saat kamu mau tidur tapi tetap ingin menikmati musik pengantar tidur dan nggak ingin lagunya diputar terlalu lama.
Kamu cuma tinggal memasang timer ini di Clock App dan nantinya lagu atau musik yang kamu putar akan berhenti beberapa saat setelah batas waktu yang ditentukan.

2. Buat Pola Getaran Hasil Custom Kamu Sendiri

Buat Pola Getaran Hasil Custom Kamu Sendiri
Selain alarm untuk musik atau lagu, Apple juga memberikan kebebasan bagi kamu untuk berkreasi. Salah satunya dengan fitur vibration pattern created by the owner. Dengan fitur ini kamu bisa membuat pola getaran sesuka hati untuk pemberitahuan.
Caranya gampang banget, kamu cuma tinggal klik setting > sounds > ringtones > vibration > create new vibration dan langsung aja gunakan jari kamu untuk mengatur polanya.

3. Flashing Alert

Flashing Alert
Flashing alert adalah fitur peringatan dengan bantuan flash atau LED kamera. Buat kamu yang sedang berada di tengah keramaian dan disaat yang sama juga menunggu panggilan penting dari seseorang, bisa jadi kamu nggak sadar dengan nada dering Iphone.
Nah, fitur ini bisa membantu kamu. Kamu hanya tinggal menyetelnya melalui Settings > General > Accessibility.

4. Shake Iphone Saat Typo

34cf74a3-cfdf-4f28-ab6e-2b119830862b
Ini sangat berguna buat kamu yang sering typo saat mengetik pesan. Shake Iphone kamu, lalu semua teks-teks yang salah ketik akan langsung hilang.

5. Bersihkan RAM, Agar Iphone Tidak Lelet

Bersihkan RAM, Agar Iphone Tidak Lelet
Kamu tentu nggak mau iphone kesayanganmu jadi lelet, kan? Gampang! Tekan tombol “power” yang lama, lalu akan muncul “slide to power off” dan tekan tombol home. Maka layar akan kosong sementara dan home screen kamu akan muncul kembali.

6. Bersihkan Semua Cache, Agar Iphone Makin Cepat

Bersihkan Semua Cache, Agar Iphone Makin Cepat
Kamu udah membersihkan RAM, tapi Iphone masih lelet? Kamu harus coba yang ini. Buka App Store, Podcasts, Music, Game Center dan aplikasi telepon, lalu tekan setiap ikon tunggal yang ada di bagian bawah sebanyak 10 kali untuk menghapus cache.

7. Periksa Timestamps Untuk Pesan Teks

Terkadang kamu ingin tau waktu kapan kamu mengirimkan pesan, tapi malah nggak keliatan di layar Iphone. Nyebelin, kan? Kamu cukup menggeser balon percakapan ke kiri dan kamu langsung bisa melihat waktu saat mengirim dan menerima pesan.

8. Hanya Ingin Melihat Email yang Belum dibaca

Nggak mau inbox mail berantakan? Cukup buka aplikasi Mail, lalu klik Mailboxes link, tekan “edit”, dan tekan lingkaran di samping “unread”. Taraaaa, jadilah folder yang hanya berisi pesan yang belum dibaca saja.
Nggak mau inbox mail berantakan? Cukup buka aplikasi Mail, lalu klik Mailboxes link, tekan “edit”, dan tekan lingkaran di samping “unread”. Taraaaa, jadilah folder yang hanya berisi pesan yang belum dibaca saja.

9. Pergunakan Fitur Level atau Waterpass

35e1099b-50c9-4907-bf50-221b3277fc87
Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, apa gunanya sih fitur level ini? Orang-orang biasa menggunakan fitur ini saat sedang memasang lukisan besar di rumahnya. Kalau lukisannya miring, jadi jelek dong.
Nah karena itu Apple mengahdirkan fitur ini . Masuk ke aplikasi Compass, lakukan kalibrasi dan geser layarnya ke kiri. Kamu nggak perlu repot-repot mendownload aplikasi lain deh!

10. Informasi Medis Penting Saat Emergency

Informasi Medis Penting Saat Emergency
Iphone kesayangan kamu bisa menjadi lifesaver saat kamu butuh bantuan kesehatan. Tapi sebelumnya kamu harus mengisi formulir di Health App.

11. Cari Tau Penerbangan Apa yang Ada di atas Kamu

Mungkin kamu sering melihat pesawat terbang di langit dan sesekali penasaran , “pesawatnya mau kemana,ya?”. Gampang, tanyain aja ke “Siri” dan kamu akan tau jawabannya.

12. Lihat Semua Tab yang Sudah Tertutup di safari

Pasti ada saatnya dimana kamu mau membaca lagi artikel yang udah kamu tutup di safari. Tenang, kamu nggak perlu ngetik ulang. Cukup tekan symbol “+” yang ada dibagian bawah layar Iphone kamu.Lihat Semua Tab yang Sudah Tertutup di safari

13. Jangan Puas Dengan WIFI yang Jelek

Hampir frustasi karena koneksi wifi jelek? Kamu nggak bakal bermimpi buruk lagi. Cukup buka Pengaturan > Seluler, scroll ke bawah dan hidupkan “Wi-fi Assist”.
Nantinya Iphone kamu bakal beralih ke data seluler saat berada di daerah yang jaringan wifinya jelek dan akan terhubung ke wifi di tempat yang jaringan wifinya bagus.

14. Gunakan Night Shift dan Low Power Mode Secara Berbarengan

Apple memperkenalkan mode rendah cahaya yang bersahabat dengan mata kamu di saat gelap. Terlebih dahulu pastikan pengaturan Low Power Mode dan Night Shift kamu dalam keadaan mati. Buka Pengaturan> Night Shift.
Setelah itu panggil Siri dengan menekan home button dan beri perintah untuk menyalakan Low Power Mode. Setelah Low Power Modenya aktif, buka lagi Pengaturan dan aktifkan Manually Enable Until Tomorrow.

15. Sesekali Lakukan Hard Reset

Gadget juga seperti manusia loh, mereka juga lelah setelah seharian kamu gunakan. Ada baiknya saat tidak ada lagi yang bisa kamu kerjakan dengan Iphone kamu, lakukanlah hard reset karena Iphone juga butuh timeout. Tahan home button dan lock button selama 5 menit atau sampai mucul logo Apple.
Nah, itulah 15 trik rahasia penggunaan iPhone yang belum banyak diketahui. Trik-trik diatas tentunya akan sangat berguna saat kamu sedang dalam kondisi tertentu.