Artikel / /
3 Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi kini sedang naik daun. Ponsel terbarunya, Redmi 5A menjadi yang paling dicari sejak diluncurkan dua bulan lalu. Bahkan, dari harga banderolnya Rp1 juta, tetiba naik menjadi Rp1,3 juta.

Nah, dari banyaknya fitur yang dihadirkan Xiaomi, ternyata ada beberapa hal tersembunyi yang bisa dimanfaatkan, jika mau menggalinya lebih dalam. Beberapa di antaranya seperti menghindari layar terkunci saat ingin masuk, atau melihat jumlah memori tersisa tanpa harus masuk ke pengaturan.

Berikut ini kami hadirkan tiga fitur yang bisa kamu setting di Xiaomi, sehingga memudahkan penggunaannya. Siap?

1. Skip Lockscreen
Memang terkadang agak menjengkelkan, setiap ingin menggunakan ponsel, layar selalu terkunci dan kita kerap harus membukanya terlebih dahulu. Bahkan tanpa pola atau sandi pun, layar akan tetap terkunci jika tidak digunakan dalam beberapa detik.

Untuk menghindari layar terkunci dan kamu bisa langsung masuk ke ponsel, sejatinya mudah. Pertama kamu harus mengubah Xiaomi milikmu untuk menjadi ‘Developer Setting’. Caranya masuk ke Pengaturan, sentuh About Phone, lalu klik MIUI Version berkali-kali sampai ada notifikasi ‘Your phone is on Developer mode’.

Usai melakukan hal itu, kembali ke menu Pengaturan lalu klik Additional Settings, Developer Options, lalu aktifkan Skip Screen Lock.

2. Lihat status memori
Melihat status memori yang tersisa di dalam Xiaomi Redmi 5A, kamu enggak harus masuk ke menu Settings. Caranya, sentuh dalam waktu lama tombol multitask yang terletak di bawah layar, samping kiri tombol Home. Muncul Settings, kemudian klik. Pilih More lalu aktifkan Show Memory Status.

Untuk melihat status memori sekali klik, sentuh tombol Multitask dalam waktu lama, di bawah kumpulan aplikasi yang terbuka akan tertera berapa status terpakai dan berapa yang tersisa.

3. Membuka layar tanpa klik
Layar terkunci bisa saja dibuka tanpa harus mengklik tombol Home atau Power. Bisa dengan melakukan dua kali ketuk pada layar, maka Xiaomi akan terbuka.

Caranya, masuk ke Pengaturan, pilih Display, dan aktifkan Double Tap Screen to Wake. Untuk mencobanya, kunci layar, ketuk dua kali di atas layar yang mati, maka seketika Xiaomi Redmi 5A itu akan ‘bangun’.