iphone
Artikel / /
5 Aplikasi “RAHASIA” Khusus Internal Karyawan Apple

Apple sebagai sebagai kiblat teknologi dunia memang tidak ada hentinya membuat terkejut akan inovasinya dan berbagai produk teknologinya. Perusahaan yang bergerak dibidang produk – produk elektronika ternyata juga memiliki segudang aplikasi – aplikasi yang keren dan bermanfaat.

Aplikasi – aplikasi ini bisa kita nikmati ketika kita menggunakan produk – produk buatan produsen perusahaan Apple. Mulai dari Siri sebagai asisten digital, AppsStore untuk mengunduh berbagai aplikasi – aplikasi disana, dan masih banyak lagi aplikasi unggulan milik Apple.

Tapi, ternyata ada juga aplikasi – aplikasi yang bersifat tertutup atau rahasia bagi publik. Unik sekali Apple ini, menciptakan sebuah aplikasi namun khusus hanya untuk karyawannya saja, dan bersifat hidden / tersembunyi di semua perangkat Apple. Tidak ada yang bisa mengaksesnya kecuali telah resmi bekerja di Apple. Dan semua karyawan menggunakan aplikasi – aplikasi ini. Mari kita simak apa saja 5 aplikasi khusus internal karyawan Apple.

  • Mobile Radar

Mobile Radar ini merupakan aplikasi yang diciptakan oleh karyawan Apple sebagai solusi bagi aplikasi – aplikasi yang “bermasalah”. Setiap ada bug atau masalah teknis dalam sebuah aplikasi, maka aplikasi mobile radar ini akan mendeteksinya. Jika demikian, maka akan muncul ikon serangga di bar notofikasi. Kemudian nantinya aplikasi ini akan terhapus sendirinya untuk menghindari virus dan ruang kosong peretasan.

  • Mobile Genius

Aplikasi ini adalah aplikasi yang ditujukan bagi para karyawan ahli dari Apple. Aplikasi ini ditujukan untuk bekerja di App Store, dimana semua aplikasi ada di sana. Para karyawan ahli ini nantinya akan mengecek informasi customer dan semua log test milik para customer. Tujuannya tak lain adalah untuk mengatasi masalah yang terjadi di setiap perangkat iPhone yang tidak bisa menggunakan aplikasi di App Store atau masalah – masalah lainnya.

  • Operator

Aplikasi ini begitu simpel. Yaitu untuk mengecek berbagai sensor dan komponen dalam yang ada di setiap perangkat buatan Apple. Semuanya bisa diuji menggunakan aplikasi ini. Sehingga jika ditemui error maka akan segera terdeteksi.

  • Apple Connect

Dari namanya saja kita pasti sudah tahu tujuan aplikasi ini. Ya memang benar kalau Apple connect itu semacam aplikasi bagi karyawan Apple untuk saling berhubungan satu sama lain. Bisa juga dikatakan bahwa ini adalah aplikasi “social media” untuk karyawan internal perusahaan Apple. Untuk login, karyawan cukup masukkan no. Indentitas dan password mereka.

  • Inferno

Jika operator digunakan untuk menguji setiap sensor yang ada di dalam perangkat Apple, maka inferno juga cukup mirip. Aplikasi ini bertugas untuk mengecek hardware dan software yang terdapat pada setiap perangkat Apple. Dengan demikian, untuk mengecek hardware tidak perlu melakukan bongkar pasang, kecuali jika memang benar ada masalah. Untuk software juga tidak perlu repot membawa laptop jika memang nantinya tidak ada masalah.

Nah itulah aplikasi – aplikasi yang digunakan oleh para karyawan Apple dan tidak bisa diakses oleh publik. Aplikasi ini hadir sebagai sarana untuk para karyawan berkomunikasi, dan untuk kepentingan kerja lainnya. Yang tentu semua itu untuk memberikan produktivitas mereka kepada tempat dimana mereka bekerja, yaitu Apple Corp. Sekian, terima kasih telah membaca.