Microsoft Lumia 532
Artikel / /
5 Keunggulan OS Windows Phone Dibanding Lainnya

Bagi Anda yang sudah pernah merasakan menggunakan ponsel produksi Nokia, Anda pasti paham betapa ponsel ini begitu kuat dan bandel ketika digunakan. Anda juga pasti akan mengalami masa-masa menggunakan ponsel tanpa harus merasa kesal karena sering kehabisan baterai, sistem yang tidak di-upgrade menjadi lama, juga masa pakainya yang relatif panjang dibandingkan dengan ponsel cerdas yang sekarang beredar di pasaran. Model fisik dan fitur yang ada pada produk Nokia pun bermacam-macam, tidak general seperti model fisik dan fitur pada ponsel yang sekarang kita gunakan.

Sayangnya, kejayaan Nokia yang sempat menjadi raja ponsel selama kurang lebih 14 tahun harus mulai surut hingga bangkrut akibat munculnya beberapa pemain di industri elektronik yang lebih berani melakukan inovasi terhadap produk agar lebih mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakatnya. Nokia mulai kalah pamor dengan pesaingnya hingga kini perusahaan asal Finlandia tersebut menyerahkan perusahaannya pada Microsoft untuk diakuisisi.

Di bawah naungan Microsoft, pamor produk Nokia tidak lagi seunggul masanya. Memang Microsoft juga memproduksi ponsel cerdas dan memiliki sistem operasinya sendiri – layaknya produk Apple. Namun sepertinya produk Microsoft pun belum sanggup menyaingi dua pesaing di industri ponsel cerdas yaitu Apple dan Samsung.

Meski begitu, Anda perlu tahu ada beberapa hal yang bisa dibanggakan dari ponsel keluaran Microsoft. Untuk menambah informasi dan semakin memperluas pengetahuan Anda di bidang ponsel, kami sajikan ulasan mengenai 5 keunggulan OS Windows Phone dibandingkan dengan lainnya – yang menjadi produk mayoritas masyarakat Indonesia saat ini.

  1. Ponsel keluaran Microsoft yang lebih dikenal dengan sebutan Windows Phone ini memiliki asisten visual. Jika Apple memiliki Siri pada iPhone mereka, maka Microsoft tak mau kalah dengan menyematkan Cortana pada Windows Phone. Cortana ini berfungsi sebagai asisten virtual yang mampu melakukan berbagai perintah mulai dari charging baterai hingga memesan makanan pesan antar. Cortana juga disebut-sebut mampu bernyanyi, membacakan berita, hingga memberikan lelucon. Bukankah asyik memiliki asisten pribadi yang serba bisa?
  2. Windows Phone juga dilengkapi dengan adanya fitur Live Tiles yang merupakan salah satu keunggulan serta ciri khas ponsel ini. Fitur Live Tiles ini mampu menyajikan tampilan yang bersifat lebih informatif dan lebih nyaman dipandang. Fitur ini bahkan memperbolehkan Anda mengirimkan pesan notifikasi secara berkelanjutan pada pengguna tanpa memakan daya baterai yang terlalu besar.
  3. Aplikasi pada Windows Phone bersifat eksklusif. Salah satunya adalah Glance Screen yang dapat digunakan sebagai aplikasi untuk melihat notifikasi maupun jam tanpa harus mengaktifkan ponsel dari mode sleep. Jelas ini akan menghembat penggunaan baterai ponsel.
  4. Windows Phone juga memiliki fitur unggulan bernama Hubs yang merupakan fitur penghubung hal-hal terkait dalam satu lokasi, misalnya seperti melihat aktivitas berkenalan dalam kontak di media sosial dan sebagainya.
  5. Dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone, Anda bisa mengkostumisasi lock screen sesuai keinginan. Meski di sistem operasi iOS dan Android menawarkan fasilitas serupa, namun Windows Phone menawarkan kebebasan yang lebih baik. Pengguna bisa menampilkan album yang berasal dari Facebook maupun Reddit.

Itulah 5 keunggulan OS Windows Phone dibandingkan dengan lainnya. Meski secara pamor mungkin masyarakat kita masih lebih melihat dua pemain atas di industri elektronik khususnya dalam sektor ponsel cerdas, namun Microsoft sebenarnya sudah berhasil memasarkan produk inovatif mereka sembari memperbolehkan Nokia beristirahat sementara waktu sebelum kembali bersaing dengan produknya sendiri. Dengan mempertimbangkan keunggulan yang ada pada produk ini, masih yakin jika Microsoft tidak bisa memproduksi gadget canggih yang menjawab segala kebutuhan dan keinginan Anda terhadap ponsel cerdas?