Ponsel Xiaomi Ilegal
Artikel / /
Banyaknya Ponsel Xiaomi Ilegal di Indonesia

Sudah rahasia umum, sangat banyak ponsel ilegal beredar di pusat penjualan produk elektronik di Indonesia. Salah satu produk yang banyak masuk secara tidak resmi ke Indonesia adalah Xiaomi. Anda bisa dengan mudah menemukannya di mal-mal Jakarta.

Menanggapi maraknya ponsel ilegal tersebut, Vice President Xiaomi, Hugo Barra, menyarankan kepada konsumen Indonesia untuk membeli ponsel Xiaomi melalui jalur resmi.

“Sekali lagi kami sarankan kepada konsumen Indonesia untuk hanya membeli ponsel Xiaomi dari agen resmi,” ujar Hugo, Selasa (25/10/2016) “Ponsel resmi berarti memiliki garansi resmi, serta telah dioptimalisasi secara software dan hardware untuk bisa digunakan di Indonesia dengan lancar.”

Hugo tidak memungkiri, salah satu penyebab maraknya ponsel ilegal Xiaomi di Indonesia adalah karena beberapa varian ponsel tersebut tidak masuk Indonesia.

Alasannya karena Xiaomi hingga saat ini masih belum memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. Efeknya, konsumen lebih memilih beralih menggunakan ponsel yang memang tidak dijual di Indonesia.

Meski demikian, Hugo justru mengapresiasi usaha konsumen dari sudut lain karena tetap memilih ponsel Xiaomi meski barangnya tidak dirilis di Indonesia. Baginya, hal tersebut merupakan tanda “cinta” komunitas Xiaomi di Indonesia.

“Bagi saya itu merupakan tanda cinta Mi Fans (sebutan untuk penggemar Xiaomi) di Indonesia. Belum ada sebelumnya kami memiliki fans yang seloyal Mi Fans di Indonesia.”

Hugo juga meminta para konsumen di Indonesia untuk bisa lebih bersabar, karena mereka saat ini belum bisa menghadirkan semua ponsel Xiaomi di Indonesia. Xiaomi sendiri mengaku memiliki rencana untuk memperluas bisnisnya di Indonesia dan mengikuti aturan TKDN.