Artikel / /
Beberapa Sensor Smartphone Android yang Utama

Smartphone yang merupakan perkembangan teknologi terbaru dari handphone memang bisa kita katakan canggih beneran. Mengapa? Karena, selain smartphone diciptakan dengan teknologi kecerdasan buatan dimana bisa membantu pekerjaan dan kehgiatan kita sehari – hari selain dari fungsi awalnya yaitu berkomunikasi dengan orang lain, ternyata juga memiliki berbagai macam sensor yang mendukungnya. Ada berbagai macam hardware / perangkat sensor smartphone yang tertanam dalam sebuah smartphone, yang mana semua itu berfungsi agar smartphone kita bisa bekerja secara maksimal.

Beberapa Sensor Utama pada Smartphone Android

Berikut ini akan sedikit kita bahas tentang beberapa sensor smartphone Android yang utama.

Proximiti

Yang pertama yaitu sensor proximiti. Sensor ini di dalamnya terdapat LED inframerah dan penangkap sinar inframerah. Untuk apa sinar inframerah ini..? Begini cara kerjanya.

Inframerah yang berasal dari LED inframerah ini akan selalu terpancar setiap kali smartphone Android kita dinyalakan. Selama suatu benda tidak terdeteksi oleh sinar inframerah, maka penangkap sinyal inframerah tidak akan memberi sinyal untuk mematikan layar utama smarpthone Android. Jika ada suatu benda, seperti pipi kita, atau telinga kita menyentuh atau dekat dekat layar depan smartphone Android seperti saat kita melakukan panggilan, maka secara otomatis penangkap sinyal Inframerah akan memberi sinyal kepada smartphone untuk mematikan layar.

Nah, inilah sebenarnya yang dimaksud dengan penghematan layar / baterai smartphone ketika melakukan panggilan atau menerima panggilan.

Giroskop

Giroskop adalah sensor posisi orientasi. Fungsi sebenarnya sensor ini adalah untuk menedeteksi posisi smartphone terhadap sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z. Jika smartphone kita bergerak ke arah positif atau negatif dari ketiga sumbu ini, maka secara otomatis smartphone akan bereaksi.

Mudahnya, seperti saat kita merubah posisi smartphone menjadi tidur, maka layar akan menjadi agak lebar. Nah seperti itulah fungsi sensor Giroskop.

Dengan sensor Giroskop ini, bisa digunakan untuk mendeteksi koordinat smartphone untuk keperluan aplikasi tertentu.

Akselerometer

Sama seperti sensor Giroskop, yaitu berfungsi sebagai pendeteksi posisi smartphone terhadap sumbu X, Y, dan Z. Bedanya, hanya sensor Akselero ini bereaksi ketika adanya percepatan yang terjadi pada smartphone kita.

Contohnya, seperti saat kita merubah posisi smartphone menjadi tidur, maka kita melakukan gerakan yang menimbulkan kecepatan dan percepatan dari tegak ke posisi tidur. Dan reaksinya, layar akan menjadi agak lebar menyesuaikan posisi smartphone yang tidur. Nah seperti itulah fungsi sensor Akselero ini.

Barometer

Barometer, atau sensor smartphone yang berfungsi untuk mendeteksi tekanan udara. Tekanan udara yang ada di sekitar smartphone akan otomatis terdeteksi dengan adanya sensor Barometer ini.

Termometer

Kalau termometer pasti kita semua sudah tahu. Yah, sensor ini untuk mendeteksi suhu pada smartphone Android kita. Berbeda dengan termometer yang kita pakai untuk mendeteksi suhu tubuh kita, pada smartphone bisa mendeteksi suhu sekitar 100″ Celcius. Ini karena smartphone kita umumnya bekerja pada rentang suhu 40 derajat Celsius sampai 72 derajat Celsius. Jika kita pakai termometer kita pada umumnya, maka bisa – bisa akan pecah.

Magnetometer

Magnetometer adalah sensor yang dipakai smartphone Android kita untuk mendeteksi kekuatan medan magnet di sekitar smartphone. Jika ada benda yang memiliki kekuatan medan magnet yang tinggi, maka smartphone kita akan memperingatkan kita. Ini karena medan magnet akan membuat smartphone kita rusak total.

Kompas

Kompas seperti yang kita tahu, untuk menunjukkan arah. Pada smartphone, dapat digunakan untuk aplikasi Maps, Streetview, dan kompas.

Nah, itulah beberapa sensor smartphone yang utama terpasang pada smartphone Android kita. Sensor – sensor tersebut wajib ada dalam sebuah smartphone karena fungsinya yang wajib sekali. Tapi masih ada juga sensor – sensor lain yang sebagai sensor tambahan untuk menambah kinerja smartphone menjadi lebih baik lagi.

Sekian, terima kasih.