Artikel / /
BlackBerry Classic Q20, Smartphone Retro untuk Businessman

BlackBerry Classic Q20 pada dasarnya adalah pengulangan dari Blackberry Q10 yang dirilis pada 2013 lalu, karena keduanya memiliki spesifikasi yang hampir persis sama. Namun, tetap keduanya memiliki perbedaan. Blackberry Q20 memiliki tampilan yang sedikit bulat, lebih berat, dan lebih besar walaupun tetap memiliki tampilian yang hampir sama dengan Q10. Ponsel ini memiliki rim aluminium yang mengelilingi seluruh perangkat, case karet dibagian belakang yang nyaman digenggam, dan empat tombol utama bawah layarnya. Tombol-tombol ini diselingi oleh fitur trackpad kecil / tombol kursor yang telah dikenal dalam sejarah perangkat bisnis Blackberry.

Research in Motion telah beradaptasi dengan pasar baru dimana smartphone saat ini hampir semuanya menggunakan layar sentuh dan juga memperkenalkan BlackBerry App World, toko aplikasi pertama perusahaan Blackberry. Tetapi perusahaan ini untuk sementara tetap gigih untuk menjaga desain gaya keyboard QWERTY tercintanya di bawah layar perseginya dalam paket yang dirancang dengan baik.

Seperti yang dibahas sebelumnya, Q20 hampir tidak berbeda dengan model Q10. Tentu, bentuknya berbeda dengan layar yang lebih besar setengah inci, namun Q20 memiliki ruang penyimpanan internal 16GB, RAM 2GB, dan prosesor Snapdragon S4-nya tidak berubah sedikit pun. Bahkan bagian kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel dan kamera depannya 2 megapiksel juga tidak berubah pada perangkat ini (kecuali kemampuan untuk menangkap gambar secepat 30 fps, penambahan touch-to-focus, dan penambahan option geotagging). Namun, Q20 memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar yaitu 2515 mAh (dimana Q10 memilki kapasitas 2100 mAh) dan peningkatan pada ruang penyimpanan eksternal yang mendukung hingga 128GB daripada 32GB dari Q10 sebelumnya. Ini tentu masuk akal karena dengan seiringnya waktu berjalan di mana aplikasi seperti Candy Crush membutuhkan 50-100MB, satu film dengan kalitas HD membutuhkan 1-2 GB, dan gambar pun berkisar 2-5MB, ponsel dengan kapastias 16GB tentu tidak akan terpakai lagi.

Namun, masa pemakaian baterai pada Q20 akan sedikit mengecewakan jika dibandingkan dengan BlackBerry Bold. Karena, jika anda banyak mengambil gambar, SMS, dan menggunakan aplikasi-aplikasi lainnya, smartphone ini akan kehabisan daya dalam waktu yang cukup singkat. Namun, anda dapat sedikit lega dengan adanya modus hemat baterai yang sangat berguna pada ponsel ini yang akan aktif saat baterai ponsel berada di ambang tertentu. Modus ini membatasi kinerja CPU, mengurangi kecerahan tampilan, dan akan mematikan interaksi canggih tertentu dan aplikasi seperti BlackBerry Assistant. Ponsel akan bertahan hingga satu setengah hari jika berada pada modus siaga. Tetapi memang harus diakui jika kapitas baterai 2.515 mAh ini juga merupakan faktor yang membuat ponsel ini menjadi lebih berat dibandingkan dengan smartphone lainnya.