BQ aquaris e4.5 ubuntu
Artikel, Review / /
BQ Aquaris E4.5 Smartphone Edisi Ubuntu

Canonical pertama memamerkan platform smartphone-nya dua tahun yang lalu, namun promosi untuk membiayai pengerjaan hardware-nya melalui Kickstarter gagal mencapai target. Sehingga Conical memutuskan untuk bernegosiasi untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan smartphone asal Spanyol BQ pada bulan Februari tahun ini.

BQ Aquaris E4.5 adalah smartphone dengan anggaran yang terjangkau, harga yang dibutuhkan untuk smartphone ini hanya sekitar 121 Euro, dan hal ini membuat BQ Aquarius E4.5 didesain semurah mungkin sesuai dengan anggarannya. Case-nya berwarna hitam polos yang datar dengan bahan plastik yang terasa seperti bahan berkualitas tidak cukup baik dan tipis terutama jika dibandingkan dengan case Android smartphone terkemuka yang ada, serta dengan tepi dan sudut ponsel yang terlihat kaku.
Resolusi layar juga cukup mengecewakan dengan hanya beresolusi 540 x 960. Tidak ada mendukung jaringan 4G, ruang penyimpanan minimal 8 GB dengan hanya 5.5 GB tersisa untuk data pengguna dan hanya mendukung perluasan nirkabel untuk single-band 802.11n dan Bluetooth 4.

Aquarius E4.5 menggunakan prosesor MediaTek quad-core 1.3GHz, dilengkapi dengan Mali-400 GPU dan RAM 1GB. Kapasitas baterai yang disediakan adalah 2,150 mAh yang akan membuat ponsel ini dapat bertahan untuk penggunaan sehari, tetapi dalam tes ketahanan kinerja baterai di bawah rata-rata, dengan pemutaran video memakan kapasitas lokal hingga 13,5% per jam, dan audio streaming menggunakan 10,7% kapasitas baterai.

Ketika anda menggeser layar ke kiri, anda akan menemukan quick launcher yang dipenuhi dengan aplikasi favorit Anda. Dan dengan gaya minimalis yang mirip dengan Windows 8, opsi context-sensitive tersembunyi dari layar sampai anda menggeser layar ke atas, meninggalkan ruang lebih yang lebih untuk aplikasi. Namun fitur ini tidak berjalan sukses untuk Windows, karena fitur membingungkan pengguna, tapi ini mungkin akan bekerja lebih baik pada layar yang lebih kecil.

Tujuan Canonical adalah untuk memiliki 50 aplikasi yang tersedia pada saat peluncuran, termasuk Facebook, Twitter, Dropbox, Evernote dan Amazon. Namun bagaimanapun, aplikasi asli akan mendapatkan keuntungan karena dapat berjalan lebih cepat dengan menggunakan prosesor, GPU dan perangkat keras lainnya pada ponsel secara langsung.

Salah satu perbedaan besar antara ponsel Ubuntu dan Android, iOS dan sistem operasi mobile lainnya adalah bahwa Ubuntu dirancang untuk bekerja seperti Sistem Operasi pada desktop ketika terhubung ke layar besar. Tidak hanya dapat melihat layar ponsel dilayar besar, ketika anda menyambungkan kabel HDMI pada ponsel Ubuntu ini, anda dapat menghubungkannya dengan monitor, keyboard dan mouse dan bahkan menampilkankan pointer mouse sehingga anda dapat menggunakan Sistem Operasi Ubuntu seperti pada PC atau laptop.

Menurut para Shuttleworth, hal ini membuat ponsel Ubuntu menjadi personal komputer yang sebenarnya tidak seperti Android. Mereka juga mengatakan bahwa ponsel Ubuntu tidak ditujukan untuk pengguna iPhone, yang memiliki “hubungan emosional” dengan ekosistem.