Apple Think Different
Artikel / /
Budaya Think Different Dalam Perusahaan Apple

Salah satu perusahaan raksasa dunia elektronika di dunia yaitu Apple memang sungguh menakjubkan. Perusahaan yang bergerak di bidang elektronika ini punya banyak sekali produk – produk unggulan miliknya. Seperti produk smartphone yang termasuk smartphone paling banyak dipakai di dunia, iPhone.

Kemudian dalam produk tablet iPad. Ada juga alat untuk mendengarkan musik yaitu iPod. Untuk bidang notebook kita bisa memakai produk unggulan mereka yaitu MacBook. Dan masih banyak lagi produk unggulan mereka.

Dari semua produk – produk milik perusahaan Apple itu, yang paling diunggulkan oleh Apple adalah sebuah kualitas. Dengan kualitas produk yang terbaik, maka akan memberikan sebuah kepercayaan kepada para konsumen untuk terus menggunakan produk – produk dari Apple.

Sesuai dengan motto perusahaan mereka, yaitu “Think Different” yang artinya yaitu Berpikir Berbeda. Untuk pengertian lebih rinci kurang diketahui, karena mungkin bisa ditanya langsung ke bos Apple ya, hahaha bercanda saja. Namun, yang kita bicarakan disini adalah sebuah komitmen dan produktivitas dari perusahaan Apple dari motto mereka untuk diterapkan menjadi sebuah budaya bagi seluruh karyawannya dalam bekerja dan berinovasi. Berikut kita rangkum beberapa budaya Think Different dalam perusahaan Apple.

  1. Penuh projek misterius
    Seperti yang kita ketahui bahwa Apple memang memiliki banyak sekali produk – produk unggulan yang penuh dengan fitur – fitur unik dan banyak inovasi. Dibalik semua itu, ternyata adalah peran dari berbagai divisi untuk mengerjakan sebuah projek misterius. Projek – projek ini tak lain adalah sebuah riset yang dilakukan para karyawan Apple untuk terus menciptakan sebuah fitur baru bahkan produk baru untuk membantu umat manusia kedepannya, dengan menggunakan teknologi terbaru dan tercanggih dari Apple. Dan tentu, riset ini begitu rahasia sampai – sampai semua media tidak tahu apa yang dikerjakan oleh Apple kecuali saat peluncuran resmi dari Apple.
  2. Penuh kode rahasia dalam setiap komunikasi
    Dalam setiap komunikasi dalam perusahaan Apple, antara atasan dengan atasan, atasan dengan bawahan, ataupun antara bawahan dengan bawahan semuanya dikontrol dengan yang namanya kode rahasia. Memang pada awalnya terasa aneh dan asing jika di setiap komunikasi kita harus memakai kode. Namun semua ini dilakukan agar rahasia perusahaan, projek misterius mereka, ataupun berbagai fitur terbaru dari produk mereka tidak bocor ke awak media tanpa acara resmi dari mereka.
  3. Pembagian waktu kerja
    Tidak seperti di perusahaan lain, di perusahaan Apple yang namanya waktu itu benar – benar dibagi. Ada waktu dimana mereka harus bekerja dengan profesional dan seirus dengan bidang mereka masing – masing, ada juga waktu senggang dan istirahat dimana mereka bisa bebas berinteraksi satu sama lain. Begitu juga dengan bos akan memperhatikan waktu untuk tidak mengganggu karyawan ketika mereka bekerja dan sebaliknya. Itulah mengapa Apple bisa terus bertahan sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kedisiplinan dan kreatifitas.

Diatas tadi adalah beberapa budaya Think Different yang benar – benar diterapkan oleh perusahaan Apple bagi seluruh karyawannya. Memang benar sesuai motto mereka bahwa Apple itu berbeda dari cara mereka berinovasi dan bekerja. Dengan adanya budaya tersebutlah, Apple masih bisa bertahan di puncak sebagai salah satu produsen elektronika terbaik di dunia. Oke, sekian, dan terima kasih telah membaca.