Mocrosoft Lumia
Artikel / /
Generasi baru Microsoft Windows 10 Lumia

Setahun lebih setelah mengambil alih divisi ponsel dari perusahan raksasa Nokia, Microsoft akhirnya siap untuk menunjukkan kepada kita, keluarga baru dari perangkat Lumia. Microsoft memiliki dua perangkat andalan dan dua mid-rangers dalam perencanaan, hal ini berdasarkan Nokia Power User.
Peluncuran perangkat baru ini akan bertepatan dengan perilisan ke public secara besar-besaran dari Windows 10 update, versi terpadu dari sistem operasi Windows yang akan berjalan pada semua layar, mulai dari TV ke desktop dan laptop, tablet dan telepon (yang terakhir akan menggunakan Modern Live Tile interface terbaru).

Dua peluncuran ponsel terbaru yang paling menarik dan diharapkan adalah dirilisnya Microsoft Lumia 940 dan versi lebih besarnya Lumia 940 XL. Rumor yang beredar menunjukkan bahwa Lumia 940 akan menampilkan layar 5 inci, sedangkan Lumia 940 XL bisa mencapai lebar layar hingga berukuran 5,7 inci. Keduanya diperkirakan akan melanjutkan tradisi Lumia yang selalu menggunakan kamera berkualitas tinggi, dan kedua generasi baru Lumia kali ini diperkirakan akan membuat lompatan ke sensor 24-25 megapixel dengan merek PureView. Sedangkan kamera depannya diperkirakan akan memiliki resolusi tidak kurang dari 5 megapixel.

Dan yang lebih menarik adalah bahwa adanya rumor juga yang menyatakan perangkat baru ini akan memiliki tiga fitur kunci inovatif. Beberapa bentuk interaksi 3D, scanner iris mata, dan native stylus support. Mengingat Microsoft yang tergila-gila dengan hologram, kita tidak bisa terlalu skeptis, tapi logika kita juga mengingatkan kita bahwa semua upaya sebelumnya pada interaksi 3D telah gagal, seringkali karena proporsi yang terlalu besar. Kemudian, teknologi pemindaian iris adalah teknologi futuristik lain yang terdengar keren pada awalnya, tapi menimbulkan pertanyaan yang banyak diketahui bahwa akankah teknologi dapat bekerja dalam gelap? Seberapa cepat? Dan bukan hanya lebih praktis untuk memiliki scanner sidik jari? Dan terakhir, stylus support adalah sesuatu yang hanya keren sementara tidak semua orang akan menggunakannya, hanya mereka yang menggunakannya yang akan menghargai jika ponsel tersebut memiliki fitur ini.

Selanjutnya, Microsoft diduga juga berencana untuk memberikan pembaruan bagi generasi ponsel “menengah” dengan adanya penerus ponsel terjangkau Lumia 830 dan Lumia 730. Ponsel ini dikatakan direncanakan sebagai Lumia 840 dan Lumia 740. Hasil akhir dari Lumia 840 diharapkan akan memberikan fitur kamera 13-14 megapiksel dengan merek PureView, dan layar sekitar 5-inci. Kemudian, Lumia 740 kemungkinan akan datang dalam versi XL berukuran besar dengan layar 5,5 inci sampai 5,7 inci.
Sejauh ini, itu semua rumor yang beredar tentang ponsel yang akan datang dari generasi Windows 10 Microsoft Lumia. Apakah menurut kalian Microsoft akan memiliki kesempatan melawan kekuatan super dari popularitas Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6 dengan Lumia terbaru mereka?