htc one m9
Artikel / /
HTC One M9, Ponsel Premium dengan Spesifikasi yang Mumpuni

HTC kembali menghadirkan produk barunya untuk menyempurnakan generasi sebelumnya, yakni HTC One M8. Nama yang diberikan oleh vendor gadget asal Taiwan ini masih belum berubah dengan hanya mengganti angka menjadi HTC One M9. Sebagai penyempurna, smartphone untuk kalangan atas ini sudah barang tentu dibekali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding HTC One M8.

Keunggulan yang bisa langsung dilihat adalah fasilitas kamera yang dimilikinya. Berbekal lensa dengan resolusi 20.7 MP, 5376 x 3752 pixels plus tambahan sejumlah fitur seperti dual LED (dual tone) Flash, Autofocus, face/smile detection, geo tagging, automatic simultaneous video and image recording, HDR dan panorama, membuat kemampuannya dalam menghasilkan gambar nyaris sama dengan kamera DSLR. Bahkan, saat memproduksi gambar video, kualitas yang dihasilkan setara degan video recorder, yakni berkualitas HDR 2160p@30fps,1080p@60 fps, dan 720p@120fps dengan suara berkualitas stereo sound recording. Meski ukuran file untuk setiap foto cukup besar jika memaksimalkan kemampuan kamera, tidak perlu cemas karena storage yang disediakan ponsel ini memiliki kapasitas cukup besar, yakni 32 GB, itupun masih bisa ditambah dengan eksternal memori sampai dengan 128 GB. Jadi berapapun foto yang dihasilkan dan berapa lamapun video yang direkam, pengguna tidak perlu khawatir kapasitas memori yang tersedia akan cepat ludes terpakai. Untuk kamera depan juga lumayan bagus buat selfie dan video chat karena memiliki resolusi 4 MP.

Nuansa premium juga tersuguh pada tampilan layarnya yang berukuran 5 inch. Layar dari ponsel berdimensi 144.6 mm x 69.7 mm x 9.6 mm ini sudah mengusung tekhnologi Super LCD3 yang kemampuannya lebih unggul dibandingkan Super AMOLED. Dengan Super LCD3, seperti apapun pencahayaan yang ada, gambar dan tulisan pada layar akan terlihat dengan jelas, karena tekhnologi ini membuat layar mampu menyesuaikan densitas cahaya, baik di dalam maupun di luar ruangan. Apalagi resolusinya cukup besar, yakni 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 441 ppi serta ragam warna mencapai 16 juta M, membuat kualitas gambar yang dihadirkan begitu alami, jernih dengan kualitas yang sempurna. Untuk menjaga layar dari goresan benda-benda tajam, HTC tidak lupa memasang Gorilla Glass pada produknya yang satu ini.

Pada sisi dapur pacu, otak yang dimiliki HTC One M9 ini juga luar biasa karena menggunakan prosesor delapan inti berupa Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 serta Quad Core 2 GHz Cortex-A57, dilengkapi Chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 pada mesinnya, dan didukung RAM berkapasitas 3 GB. Kapasitas Ram yang begitu besar tersebut masih didukung GPU Adreno untuk mengolah grafis, sehingga game-game berkualitas HD dapat dimainkan dengan lancar pada ponsel ini.

Untuk kebutuhan daya, smartphone yang memakai OS Android V5.1 Lollipop ini disokong Non-Removable Li-Po battery dengan kapasitas yang sangat besar, yakni 2840 mAh. Dengan daya yang begitu besar, berbicara sehari penuh pun tidak akan membuat low bat, karena ponsel ini mampu bertahan selama 402 jam pada kondisi standy di jalur 3G, dan mampu bertahan selama 21 jam 50 menit pada kondisi talk time di jalur 3G.

Dengan spesifikasi yang istimewah itulah, HTC One M9 mencoba bersaing dengan smartphone high end lainnya untuk saling memperebutkan pasar.