huawei mediapad x2
Artikel / /
Huawei MediaPad X2, Tablet Tertipis Spesifikasi Fantastis

Inovasi terus dilakukan Huawei untuk mengantisipasi ketatnya persaingan di pasar gadget. Hasilnya, sebuah tablet dengan layar berukuran 7 inch bernama Huawei MediaPad X2 dilempar di pasaran dan menjadi tablet tertipis yang pernah ada, karena dimensinya berukuran 183.5 mm x 103.9 mm x 7.3 mm, alias hanya memiliki ketebalan 7.3 mm. Hebatnya, meskipun berbody slim, kualitas layar yang disuguhkan melebihi tablet bertubuh gemuk yang menjadi kompetitornya di kelas menengah.

Betapa tidak, dengan tekhnologi Low Temperature Poly Silicon (LTPS) LCD, meski berlayar lebar dengan tingkat kepadatan pixel yang sangat rapat, namun daya yang dibutuhkannya relatif rendah. Padahal, resolusi layar yang dimiliki tablet ini sebesar 1200 x 1920 pixels dengan kerapatan 323 ppi pixel density serta keragaman warna mencapai hingga 16 juta. Dengan layar 7 inch dan tampilan yang jernih serta mendekati warna asli tersebut, harusnya memakan daya baterei cukup besar, tapi berkat tekhnologi LTPS, kebutuhan daya bisa dipangkas jauh lebih sedikit. Kebutuhan daya yang sangat minim tersebut masih ditunjang dengan kapasitas baterei yang terbilang besar, yakni 5000 mAh. Hasilnya, selama pemakaian tidak over, pengguna tidak perlu merasa khawatir tablet yang dimainkannya akan kehabisan daya meski dipakai seharian.

Tidak cukup sampai di situ keunggulan dari layar yang menyertai tablet ini. Fungsi multitouchnya mampu mendeteksi hingga 10 jari berkat layar berjenis capacitive touchscreen. Sayangnya, layar tersebut tidak dilengkapi dengan anti gores, sehingga dibutuhkan tambahan screen guard untuk melindungi handset ini.

Tidak hanya body dan kualitas layarnya saja yang istimewah, untuk menggerakkan Android OS V5.0.X Lollipop, Huawei MediaPad X2 juga dipersenjatai dengan dapur pacu yang mumpuni. Mengusung Chipset produk lokal di negaranya, vendor gadget asal China ini memasang Hisilicon Kirin 930 berinti delapan untuk menopang kinerja mesin yang digerakkan dua buah prosesor, yaitu Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.5 GHz serta Quad-Core Cortex-A-53 berkemampuan 2 GHz. Untuk fasilitas pengolah grafis, ditambahkan Mali-T628 MP4 yang dikolaborasikan dengan RAM berkekuatan 3 GB yang tidak hanya lancar saat dipakai untuk multitasking beragam aplikasi tapi juga lancar saat dipakai untuk memainkan game-game berkualitas HD. Soal storage juga bukan persoalan, karena kapasitas internal memori yang dimiliki sebesar 32 GB yang dapat diperbesar sampai dengan 128 GB. Dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, file apapun dapat disimpan di dalamnya.

Menyempurnakan berbagai keunggulan yang ada, fasilitas kamera yang melengkapi tablet dual SIM yang dilempar ke pasaran seharga Rp. 3,5 jutaan ini juga terbilang mumpuni, karena kamera utamanya sudah dilengkapi lensa berkekuatan 13 MP yang mampu menghasilkan foto berkualitas dengan resolusi 4160 x 3120 serta menghasilkan gambar video dengan resolusi 1080p. Lampu LED Flash juga ditambahkan untuk mendukung kinerja kamera, sehingga kondisi kurang cahaya pun bukan suatu kendala untuk dapat memperoleh hasil jepretan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk kebutuhan selfie dan video chatting, kemampuan kamera depan juga dapat diandalkan, karena memiliki lensa berkekuatan 5 MP.

Dengan rangkaian keunggulan yang menyertai, tidak heran jika Huawei MediaPad X2 menjadi salah satu tablet yang banyak diburu para gadgeter di tahun 2015 ini.