Artikel / /
Keunggulan Chipset MediaTek Deca Core 10 Inti

Perkembangan dunia telekomunikasi memang tidak ada habisnya. Penemuan demi penemuan terbaru selalu hadir dan meramaikan ramainya dunia telekomunikasi. Dari banyak penemuan tersebut, bisa menjadi sebuah nilai tambah bagi sebuah produk yang mengusungnya. Termasuk dalam hal chipset sebuah smartphone.

Banyak sekali vendor dari chipset untuk perangkat mobile yang bertebaran. Seperti Qualcomm dengan chipsetnya yang begitu terkenal SnapDragon. Huawei dengan penemuan terbaru chipset Kirin Series. Besutan Samsung chip Exynos yang dipakai di semua perangkat Samsung, dan juga ada MediaTek. Kali ini perkembangan terbaru yaitu sebuah chipset atau inti (core) besutan MediaTek yang mengusung 10 inti. Ya benar tipenya adalah Deca Core (sepuluh inti). Chipset terbaru besutan MediaTek ini bernama Helio X20, X22, dan X30 dengan 10 inti di dalamnya.
Dalam seri Deca Core ini memang ada 3 seri. Seri Helio X20 rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2015 ini. Sedangkan untuk seri Helio X22 dan X30 akan dirilis di kuartal pertama tahun 2016 mendatang. X22 dan X30 merupakan penyempurnaan dari Helio X20, namun punya fitur yang berbeda. Helio X22 memiliki keunggulan clockspeed tercepat. Dan Helio X30 memiliki keunggulan proses cepat karena tata letak prosesor yang bagus.
Dalam peluncuran resmi chipset ini, MediaTek mengklaim bahwa keunggulan dari chip Deca Core besutannya ini lebih hemat daya sampai 30% dan lebih cepat daripada chipset Octa Core (8 inti) versi sebelumnya dari MediaTek. Ini karena inti mesin grafis sedikit dikurangi, sehingga terfokus pada performa dan efisiensi baterai smartphone.
Ketiga seri chipset ini hadir dengan ukuran 20nm (nanometer) dan dengan clockspeed yang begitu tinggi mencapai 2,5 GHz dan kecepatan proses tipe Tri-Cluster, dimana lebih cepat dalam memproses setiap perintah dalam smartphone dibanding dengan Octa Core. Artinya, kecepatan pemrosesan milik Deca Core merupakan yang terbaik yang ada saat ini.
Berikut ini kita lihat isi dari chipset Deca Core Helio Series dari MediaTek. Lihat dibawah ini.

Perlu diketahui bahwa chipset Helio X Deca Core series ini terdiri dari 3 kombinasi prosesor di dalamnya. Kombinasi pertama berisi 2 buah prosesor, 1 buah prosesor 2x ARM Cortex-A72 dengan clockpeed 2,5 GHz dan 1 buah prosesor 2x ARM Cortex-A72 2,0 GHz. Yang kedua, yaitu kombinasi 4 prosesor, dengan 4 buah prosesor 2x ARM Cortex-A53 1,5GHz. Dan kombinasi yang ketiga berisi 4 buah prosesor 2x ARM Cortex-A53 1GHz. Dan, dalam chipset ini diperkuat dengan GPU ARM Mali-T880, dengan eMMC 5,1 dan RAM 4GB.
media10 core
Bagaimana? Keren sekali bukan spesifikasi dan keunggulan yang diusung dari chipset Deca Core besutan MediaTek ini. Beberapa smartphone yang rilis terbaru di akhir tahun 2015 ini sudah dirancang untuk memakai chipset Deca Core ini. Beberapa produk smartphone terkenal dari HTC, Gionee, dan Meizu telah menggunakan chipset ini. Untuk Xiaomi direncanakan akan menyusul menggunakan Deca Core di produk barunya tahun depan. Kita tunggu saja semoga banyak smartphone lainnya di dunia yang memakai chipset MediaTek ini. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.