Lava Iris Alfa L
Artikel / /
Lava Iris Alfa L, Smartphone Murah dengan Spesifikasi Tidak Murahan

Bulan Mei ini, produsen smartphone Lava baru saja mengumumkan smartphone keempatnya untuk dirilis di India dengan nama Lava Iris Alfa L setelah sebelumnya merilis 3 smartphone lainnya. Berbeda dengan perangkat pendahulunya, Lava Iris Alfa L tampil dengan spesifikasi yang sedikit lebih modern.
Produsen utama Lava memperkenalkan ponsel mereka di tahun 2015 dengan Sistem Operasi Lollipop pra-instal, tapi ini adalah sesuatu yang tidak kita lihat dari kebanyakan perusahaan di India. Lava telah melawan tren dengan Lava Iris Alfa L miliknya, karena akan datang dengan Android 5.0, yang membuatnya layak untuk mempertimbangkan dengan harga yang relative murah yaitu 8.000 Rupee atau sekitar 130 US Dollar.
Lava Iris Alfa L adalah ponsel Dual-SIM dengan Android 5.0 berbasis Lollipop. Smartphone ini memiliki layar berkualitas HD dengan lebar 5,5 inci (540×960 piksel) resolusi IPS dengan 16,7 juta warna dan kerapatan piksel sekitar 200ppi.
Lava Iris Alfa L berada di bawah naungan prosesor MediaTek 1.3GHz quad-core (chipset yang tidak dispesifikkan) dan dilengkapi dengan kapasitas RAM 1GB. Semua ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan internal 8GB yang dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD hingga 32GB.
Untuk kamera, Lava Iris Alfa L memiliki kamera belakang autofocus 8 megapiksel PureCel dengan lampu flash LED serta kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel. Dalam hal konektivitas, smartphone ini mendukung jaringan 3G, Wi-Fi, Bluetooth v4.0, GPS dan USB 2.0.
Perangkat ini menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh untuk mendukung ketersediaan daya. Perusahaan mengklaim bahwa baterai ini dapat memberikan waktu siaga hingga 12 hari (dengan sim tunggal) dan waktu bicara hingga 13 jam 15 menit (dalam jaringan 3G). Smartphone ini juga akan tersedia dalam 2 varian warna, yaitu Putih dan Hitam. Dibandingkan dengan pendahulunya, Lava Iris Alfa L ini unggul di hampir semua bidang, seperti ukuran layar dan resolusi, prosesor, versi OS Android, kamera dan baterai. Selain itu, perangkat ini memiliki ukuran 152×78.9×9.35mm dan berat 165 gram.
Perlu diketahui bahwa Lava Iris Alfa L adalah satu dari beberapa smartphone yang diluncurkan oleh perusahaannya pada bulan ini. Lava sebelumnya telah meluncurkan Lava Icon, Lava Iris X1 Atom dan Lava Iris 370 pada bulan April. ketiga smartphone ini menjalankan Android 4.4 OS KitKat. Namun perusahaan telah mulai meluncurkan Android 5.0 Lollipop untuk pilihan dalam smartphone ini.
Lava Iris Alfa L mungkin tidak terlalu mengesankan seperti smartphone lain yang namanya telah berkibar, tapi smartphone ini tetap tidak kalah gengsi jika dibandingkan dengan handset lain di kelasnya. Salah satu hal yang perlu digaris bawahi adalah smartphone ini merupakan salah satu dari segelintir smartphone yang menggunakan Android 5.0 namun dengan harga di bawah 130 US Dollar.