Lenovo A7000
Artikel / /
Lenovo A7000, Smartphone Kelas Menengah yang Sanggup Memanjakan Mata

Banyak yang menyangka Lenovo A7000 adalah salah satu dari rangkaian produk A series besutan Lenovo yang notabene wujudnya adalah tablet. Ternyata bukan, produk yang untuk pertama kalinya diperkenalkan pada ajang Mobile World Congres (MWC) Maret 2015 di Barcelona ini, meskipun menggunakan identitas A series wujudnya adalah smartphone untuk kalangan menengah yang memiliki bentang layar berukuran 5.5 inch. Entah kapan produk ini masuk ke Indonesia, tapi yang pasti A7000 menjadi salah satu gadget yang kehadirannya banyak ditunggu di tanah air, karena spesifikasi yang ditawarkannya memang cukup menarik perhatian.

Kelengkapan konektivitas menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan smartphone yang dibuat pabrikan dari negeri China ini mulai dari 2G dengan EDGE dan GPRS-nya, 3G dengan HSPA dan HSDPA-nya, sampai dengan 4G LTE yang memiliki kecepatan download sampai dengan 150 MB persecond dan kecepatan upload sampai dengan 50 MBps. Untuk berselancar di dunia maya, perangkat Wi-Fi yang mendukung Hotspot ikut melengkapi handset ini, begitu juga dengan konektivitas nirkable, tersedia Bluetooth V4.0 yang mendukung A2DP yang mampu mengirim data berkecepatan tinggi. Hanya fitur navigasi yang kurang begitu maksimal, karena hanya dibekali tekhnologi A-GPS sehingga kurang begitu akurat dalam melakukan penguncian lokasi.

Kelengkapan konektifitas tersebut karena suport dari dapur pacu yang tangguh dan bertenaga yang diotaki prosesor Octa Core MTK6752 buatan Mediatek yang memiliki kecepatan 1.5 GHz dengan kartu grafis GPU Mali-T760MP2 dan Ram berkekuatan 2 GB untuk menggerakkan OS Android V5.0 Lollipop serta aplikasi lainnya. Dengan otak yang tangguh dan bertenaga tersebut kinerja sistem menjadi lebih responsif, cepat dan stabil, serta mampu menjalankan game-game berat berkualitas HD.

Pada sisi desain Lenovo A7000 juga cukup stylish dan elegan dengan keseluruhan sudutnya yang tumpul. Dengan dimensi berukuran 152.6 mm x 76.2 mm x 8 mm berbobot 140 gram, smartphone berlayar 5.5 inch ini mengaplikasikan hard key pada tombol navigasinya sehingga terasa mudah dan nyaman saat digunakan. Desain body menjadi bertambah sempurna dengan kehadiran layar berukuran 5.5 inch bertipe IPS LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki 16 juta warna dan resolusi HD 720 serta kerapatan 267 ppi. Karena dengan kesempurnaan layar tersebut, sajian interface menjadi lebih detail, jernih, tajam, dan memanjakan mata. Hanya saja, karena tidak berlapis anti gores, maka perlu ditambahkan screen guard guna memproteksi layar agar senantiasa mulus.

Untuk fasilitas kamera yang menyertai smartphone ini, kendati tidak istimewah namun lebih dari cukup untuk ukuran smartphone middle end, karena resolusi yang dimiliki kamera utama sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan fitur autofocus, geo tagging, dan fitur standard lainnya, termasuk LED Flash untuk mengantisipasi pengambilan gambar di lokasi yang minim cahaya. Dengan kamera yang ada tersebut, selain dapat dihasilkan foto yang lumayan apik, juga mampu membuat gambar video dengan kualitas HD 720 yang enak untuk ditonton. Sedang untuk kamera depan, dengan resolusi 5 MP sudah lebih dari memuaskan untuk dipakai selfie serta keperluan video chatt.

Dilempar ke pasaran dengan kisaran harga Rp. 2,2 jutaan, Lenovo A7000 memiliki magnet tersendiri yang mampu menyedot perhatian calon konsumen, karena performnya memang sanggup memanjakan mata.