Artikel / /
Lenovo K80, Satu lagi Smartphone dengan RAM 4 GB

Tidak lama setelah Asus mengumumkan smartphone terbarunya ZenFone 2 sebagai smartphone pertama di dunia yang menawarkan kekuatan RAM sebesar 4 GB, Xiaomi ikut memperkenalkan Mi Note Pro miliknya yang juga memiliki kapasitas RAM yang sama-sama 4 GB, dan sekarang Lenovo meluncurkan smartphone andalan mereka yang juga memiliki Random Access Memory 4 GB.

Produk terbaru Lenovo ini disebut Lenovo K80, smartphone baru ini akan langsung bersaing dengan Asus Zenfone 2 yang bukan hanya karena keduanya sama-sama menawarkan kapasitas RAM 4 GB, tetapi juga karena harga dan fitur Lenovo K80 relatif sama dengan smartphone Asus tersebut.

Lenovo K80 terbaru ini dijual dengan beberapa varian, salah satunya akan dilengkapi dengan kapasitas RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB. Versi lainnya dengan model standar dengan kapasitas RAM 2 GB akan meramaikan pasaran di China dengan harga 1.499 yuan, atau secara kasar dikonversi ke US Dollar kurang lebih 242 Dollar.

Seperti disebutkan sebelumnya, Lenovo K80 akan dirilis dalam dua varian utama. Salah satu yang pasti adalah bahwa yang akan tampil di China pada 30 April mendatang adalah Lenovo K80 dengan versi RAM 2 GB dan ruang penyimpanan 32 GB. Selain itu smartphone ini memiliki processor Intel Atom 64 bit yang dapat berjalan pada frekuensi hingga 1,8 GHz, serta resolusi layar Full HD dengan lebar 5,5 inci.

Lenovo K80 dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan fitur optical image stabilization. Selain itu, smartphone canggih ini menawarkan konektivitas 4G LTE dan memiliki baterai dengan kapasitas cukup besar yaitu 4.000 mAh. Meski kapasitas baterainya cukup besar. Namun, smartphone memiliki tebal yang cukup bersahabat, yaitu hanya 8,5 mm. Smartphone ini juga menggunakan Android 5.0 Lollipop dengan Lenovo Vibe UI di atasnya. Lenovo K80 ini tampaknya akan diluncurkan dalam tiga varian warna, yaitu silver, hitam dan merah.

Meski telah disebutkan bahwa smartphone ini akan hadir dalam versi smartphone berkapasitas RAM 64 GB dan dengan ruang penyimpanan 64 GB, tetapi belum jelas apakah versi ini akan dirilis pada tanggal 30 April bersamaan dengan varian standarnya. Salah satu sumber dari China menyatakan bahwa versi Lenovo dengan RAM 2 GB akan diluncurkan dengan harga 1.499 atau sekitar 242 US Dollar, dan ada juga yang melaporkan bahwa versi RAM 4 GB nya akan dibanderol dengan harga 1.799 yuan atau 290 US Dollar.

Dari semua informasi diatas, Lenovo belum mengeluarkan pernyataan apapun tentang peluncuran smartphone ini China, tetapi banyak yang mengharapkan Lenovo akan merilis smartphone canggih terbaru produksi mereka ini secara global segera setelah dirilis di China.