Lenovo Vibe Z2 Pro
Artikel / /
Lenovo Vibe Z2 Pro, Besar Bertenaga dan Performa Luar Biasa

Tampilan beda disuguhkan Lenovo Vibe Z2 Pro lewat desain all metal yang membuat kesan premium akan langsung bisa dirasakan. Phablet berukuran besar ini tidak hanya menarik dari sisi tampilannya, tapi juga spesifikasinya yang menggoda dengan bandrol harga yang lebih murah dibanding para kompetitornya yang bersaing di kelas premium.

Desain, bahan, dan dimensi yang menyedot perhatian tersebut, menjadi semakin menarik karena layarnya yang berukuran 6 inch menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 2K atau sebesar 2560 x 1440 pixels serta kerapatan ~490ppi. Kualitas layar yang mumpuni tersebut, membuat ketajaman gambar tidak perlu diragukan, begitu juga dengan visibilitasnya dari berbagai sudut. Bahkan, saat digunakan di luar ruangan, silau sinar matahari tidak akan mengganggu, sehingga teks-teks yang muncul di layar tetap dapat dibaca degan jelas tanpa harus menutupi permukaan layar dengan telapak tangan.

Kualitas layar yang memukau tersebut dilengkapi dengan berbagai macam spesifikasi kelas atas yang membuat performa handset ini semakin istimewah. Pada sisi dapur pacu misalnya, tertanam Chipset Qualcomm MSM80974AC Snapdragon 801 dengan prosesor Quad Core Krait 400 berkecepatan 2.5 GHz yang ditopang RAM berkekuatan 3 GB dan pengolah grafis berkualitas Adreno 330 yang siap memberikan kenyamanan saat dipakai untuk memutar film dan memainkan game berkualitas HD. Dengan otak yang mumpuni, menjalankan multitasking berbagai macam aplikasi maupun transisi antar layar, akan dapat berjalan dengan mulus. Begitu juga dengan aktivitas browsing, meski konten gambar yang muncul cukup banyak, browsing akan tetap berjalan dengan lancar tanpa sekalipun mengalami jeda. Dengan hardware yang berjalan menggunakan Android V4.4.2 Kitkat ditemani user interface Vibe, handset ini memiliki kelengkapan konektifitas, mulai dari 2G lewat EDGE dan GPRS-nya, 3G dengan HSPA/HSDPA-nya, hingga 4G LTE yang memiliki kecepatan download 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps.

Keunggulan lain yang dimiliki Lenovo Vibe Z2 Pro adalah fasilitas kameranya yang mentereng dengan resolusi 16 MP dilengkapi Optical Image Stabilization serta Dual LED Flash. Lewat fasilitas kamera tersebut, Lenovo memberikan pilihan untuk pengambilan gambar, yakni Smart Camera dan Profesional Camera. Pengambilan gambar dengan menggunakan Smart Camera tidak ubahnya seperti mode auto pada kamera digital yang tidak butuh tambahan pengaturan untuk dapat menghasilkan gambar yang baik. Sedang Profesional Camera seperti halnya kamera DSLR di tangan seorang fotografer, sehingga untuk menghasilkan foto yang bercitarasa seni dibutuhkan pengaturan secara manual, mulai dari pengaturan ISO focus, white balance, dan sebagainya. Melengkapi fasilitas kamera primer, terpasang juga kamera sekunder untuk keperluan video call maupun selfie dengan hasil foto yang memuaskan karena memiliki resolusi 5MP. Untuk mempermudah pengambilan gambar, kamera depan juga dilengkapi dengan fitur hand gesture, yang dapat secara otomatis mengambil gambar tanpa harus menekan shutter tapi cukup dengan membuat formasi pada telunjuk membentuk huruf ā€œVā€.

Untuk menopang daya handset, sebuah baterei non-removable Li-Po berkapasitas 4.000 mAh menyertai Lenovo Vibe Z2 Pro yang mampu menyala selama 12 ā€“ 16 jam dengan intensitas penggunaan yang tinggi untuk memainkan multimedia, menonton video, atau untuk bermain game.