4g
Artikel / /
Macam – Macam Tentang Jaringan 4G

Sinyal jaringan 4G , yang singkatannya adalah 4 Generation atau Fourth Generation Technology (Generasi keempat). Sinyal jaringan 4G merupakan jaringan yang merupakan pengembangan dari sinyal 3,5G, 3G, dan 2G.

Dengan adanya sinyal 4G, maka koneksi data untuk bertelepon menjadi sangat besar dan tidak mudah putus dengan jaringan yang stabil. Selain itu, dengan sinyal 4G pula jaringan internet menjadi sangat cepat apalagi untuk keperluan streaming dan download.

Kecepatan data, suara, gambar dan kode – kode lain yang dikirim dan diterima sinyal jaringan 4G berkisar antara 100 Mb/second hingga 1 Gb/second. Dengan kecepatan data secepat ini, maka walau didalam atau diluar ruangan sekalipun kita tetap bisa menikmati jaringan data 4G ini.

Sinyal 4G menggunakan sistem IP (Internet Protocol) yang biasa digunakan oleh sebuah protocol data. Dengan menggunakan IP v6 (versi 6). Karena itulah setiap perangkat yang sudah mendukung jaringan 4G di dalamnya sudah tersistem alamat IP v6 yang berbeda – beda setiap perangkat.

Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), yang dideklarasikan di Korea Selatan sejak 2006, dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).

Untuk LTE sendiri lebih sering dipakai di setiap perangkat telekomunikasi di dunia. Ini karena jaringannya yang lebih mudah dijalankan, lebih termodifikasi dan lebih murah harganya. Untuk LTE sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu 4 LTE FDD, 4G LTE TDD, dan 4G LTE Advanced. Berikut ini penjelasannya.

    4G LTE FDD, merupakan teknologi 4G LTE yang menggunakan frekuensi 800 MHz sampai 1800 MHz sebagai jalur pertukaran data. Dengan frekuensi sekian, maka bisa mengatur keseimbangan antara upload dan download. Kelebihan dari jaringan 4G LTE FDD adalah jaringan yang luas daerah penggunannya. Cocok untuk mereka yang pengguna telepon, chat, sosial media dan browsing.
    4G LTE TDD, merupakan teknologi jaringan 4G LTE yang bekerja pada frekuensi 2300 MHz. Kinerjanya sangat cepat sekali dalam hal download, namun sangat lambat sekali dalam hal upload. Kelemahan yang sangat membebankan data yang cukup besar untuk proses download. Cocok untuk para pecinta browsing, streaming, dan download.
    4G LTE Advanced, atau disebut juga 4G+ merupakan teknologi paling baru yang dikembangkan dalam jaringan 4G LTE. Dengan jaringan 4G LTE Advanced ini, maka koneksi yang berkecepatan tinggi dalam upload dan download, dan juga daerah penggunaan yang luas. Ini karena 4G LTE Advanced menggabungkan antara 4G LTE FDD dan 4G LTE TDD digabungkan. Jaringan 4G LTE ini bekerja pada frekuensi 900MHz hingga 2300MHz.

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan tentang jaringan 4G. Dengan hadirnya jaringan 4G, maka bolehlah kita sedikit mengenal seluk beluk jaringan 4G. Semoga saja bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi kita, sekedar wawasan yang mungkin bisa dijadikan motivasi dan inovasi baru dalam dunia informasi dan komunikasi.