microsoft lumia 640
Artikel / /
Microsoft Lumia 640, Smartphone Kelas Menengah Berlayar Mewah

Microsoft seolah ingin menegaskan bahwa Lumia bukanlah milik Nokia. Itu sebabnya dalam waktu yang terbilang singkat rangkaian smartphone yang masuk dalam keluarga Lumia diluncurkan oleh Microsoft, dan yang terakhir dilepas di pasaran pada Maret 2015 ini adalah Microsoft Lumia 640. Spesies baru di jajaran smartphone kelas menengah ini sudah barang tentu memboyong sejumlah keunggulan untuk dapat bersaing di pasaran. Namun sebagian besar dari spesifikasi yang ada, praktis tidak berbeda jauh dengan smartphone middle end yang menjadi kompetitornya.

Secara fisik Lumia 640 ini tidak berbeda jauh dengan ponsel Lumia lainnya yang diproduksi Microsoft yakni berbentuk straight, dengan ukuran dan bobot yang juga hampir sama. Khusus untuk ponsel yang satu ini, dimensi yang dimilikinya berukuran 141.3 mm x 72.2 mm x 8.8 mm, dengan berat 145 gram, dan layar berukuran 5 inch. Keberadaan layar inilah yang menjadi keunggulan dari Lumia 640 yang membuatnya satu langkah di depan smartphone lain yang berlomba merebut pasar di kelas menengah.

Betapa tidak, meski dengan harga di kisaran Rp. 3 jutaan, Microsoft sudah melengkapi produk terbarunya ini dengan layar berpanel IPS yang terbukti tangguh meski cukup menguras daya baterei. Visual yang dihasilkan sangat berkualitas karena mengusung ragam warna sampai dengan 16 juta dengan resolusi 720 x 1280 dan kerapatan yang lumayan tinggi, yakni 294 ppi pixel density. Dengan kualitas warna yang terbilang mumpuni tersebut, membuat gambar yang disuguhkan Microsoft Lumia 640 menjadi sangat hidup.

Tidak hanya itu saja, layar ponsel ini juga memiliki fungsi multitouch karena sudah menggunakan capacitive tounchscreen, dan menyematkan Corning Gorilla Glass 3 guna melindungi layar dari goresan. Sedang untuk mengurangi refleksi cahaya yang terlalu tajam, tekhnologi milik Nokia yang dikenal dengan nama Clear Black Display, ikut pula ditanamkan untuk menyempurnakan tampilan layar. Sehingga saat dipakai di luar ruangan, bagian atas layar tidak perlu harus ditutup dengan telapak tangan meski waktu melihat layar dilakukan di bawah terik matahari.

Pada sisi dapur pacu, Lumia 640 dipersenjatai dengan prosesor Quad Core Cortex-A7 dengan clock speed sampai dengan 1.2 GHz serta Chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang didukung Adreno 305 sebagai pengolah grafis dan RAM berkapasitas 1 GB. Meski lumayan bertenaga, tapi bukan sesuatu yang istimewah untuk ukuran smartphone middle end. Keistimewaannya justru pada operating system yang digunakan, karena Lumia 640 sudah memakai OS Microsoft Windows Phone 8.1 yang memperoleh update OS Lumia Denim. Menurut situs resmi Microsoft, dengan Lumia Denim, fungsi terbaik akan didapatkan Lumia 640, karena Denim akan membuat mesin bekerja lebih cepat dan browsing juga berjalan lebih lancar.

Untuk spesifikasi yang lain, tidak berbeda jauh dengan para kompetitornya, seperti fasilitas kamera yang berkemampuan 8 MP untuk kamera utama dengan resolusi 3264 x 2448 pixels yang dilengkapi dengan LED Flash. Dengan kamera tersebut selain dapat dihasilkan foto yang lumayan bagus juga mampu merekam video berresolusi 1080p pada 30fps. Sedang untuk kamera depan, Microsoft Lumia 640 hanya menyertakan kamera dengan lensa berkemampuan 1 MP untuk kebutuhan selfie serta video chat.