Journe One
Artikel / /
Nexian Journey One, Ponsel Android One Besutan Vendor Lokal Termurah

Sangat beralasan jika Nexian Journey One paling laris di pasaran dibanding 2 smartphone kompetitornya yang juga mengusung program Android One. Dengan spesifikasi yang sama, bahkan dengan desain sangat mirip dengan pesaingnya, yakni Evercross One X, produk terbaru dari Nexian ini dibandrol dengan harga yang lebih murah. Selisihnya memang tidak banyak, dibanding 2 ponsel Android One besutan vendor local lainnya hanya berselisih sekitar Rp.100.000 – Rp.300.000. Tapi jika dengan harga yang lebih murah bisa didapat ponsel dengan spesisifikasi yang sama, kenapa harus membeli yang lebih mahal?

Dipatok dengan harga Rp.999.999, Journey One juga menjadi smartphone entry level terbaik dengan harga kurang dari Rp.1 juta. Betapa tidak, disaat ponsel murah lainnya masih menggunakan layar TFT, ponsel ini sudah dilengkapi dengan layar IPS berukuran 4,5 inch beresolusi FWVGA 480 x 854 pixels dan kedalaman ~218 ppi. Sehingga, selain menyajikan gambar yang jernih dan tajam, layar IPS juga membuatnya tetap enak dilihat meski dari sudut yang sempit. Sayangnya, keberadaan layar yang istimewah tersebut masih belum dilengkapi dengan Gorilla Glass, sehingga pengguna harus berhati-hati agar layar tidak sampai tergores.

Mengusung OS Android V5.1 Lollipop, membuat tampilan antar muka smartphone yang menggunakan google lancher ini juga menawan. Saat perangkat dalam keadaan terkunci, dan pengguna ingin memanfaatkan fasilitas Google Search, tidak perlu harus menyentuh tombol, tapi cukup dengan mengucapkan “OK Google”, perangkat dengan sendirinya akan terbuka dan pengguna dapat langsung berselancar dengan memanfaatkan mesin pencari buatan google tersebut. Tidak hanya search engine saja yang menggunakan produk Google pada smartphone ini, tapi juga aplikasi yang lain, seperti Gmail, Google Play Music, Google+, Google Drive, serta yang lain. Maklum, kepemilikan Android One memang berada di tangan Google. Jika pengguna ingin menambahkan aplikasi yang lain, maka begitu diinstal ikon dari aplikasi tersebut akan menghiasi homescreen bergaya flat yang dapat diakses lewat App Drawer bergaya layaknya layar pop up.

Tidak hanya tampilannya saja yang menawan, dapur pacu yang menggerakkan Nexian Journey One juga terbilang gahar. Dibekali prosesor Quad Core ARM Cortex-A7 serta Chipset Media Tek MT6582 yang memiliki kecepatan sampai dengan 1.3 GHz membuatnya cukup bertenaga untuk menggerakkan Lollipop dan seluruh aplikasi yang ada, karena RAM yang menyertainya sudah berkapasitas 1 GB. Apalagi masih didukung pengolah grafis Mali 400MP2, menjadikan ponsel ini cukup dapat mengakomodasi berbagai macam kebutuhan komunikasi serta multitasking. Disediakannya internal memori sebesar 8 GB memastikan aplikasi yang dapat ditambahkan juga lebih beragam, itupun masih bisa diperluas dengan MicroSD sampai dengan 32 GB lewat slot memori eksternal yang tersedia.

Hanya fasilitas kamera yang boleh dibilang seperti kebanyakan ponsel entry level lainnya, yakni berkemampuan 5 MP pada kamera utama yang dilengkapi dengan fitur LED Flash, Auto focus, touch focus, geo tagging, serta face detection & panorama. Sedang untuk kamera depan, berbekal lensa dengan resolusi 2 MP yang cukup memadai untuk dipakai selfie dan video chat.

Baterei yang menjadi sumber daya dari Nexian Journey One ini adalah baterei lithium dengan kapasitas 1700 mAh yang sanggup menyuplai energi selama 160 jam untuk waktyu standby dan 10 jam untuk waktu bicara.