Nokia N1
Artikel / /
Nokia akan Segera Kembali di Akhir Tahun 2016?

Nokia saat ini memang tidak terlihat seperti perusahaan raksasa pembuat ponsel yang selalu sukses dipasaran seperti yang dulu kita kenal. Setelah Microsoft membeli perusahaan ini, Nokia pada dasarnya dibagi dalam tiga divisi: Unit jaringan yang paling menguntungkan dan bagian paling penting dari operasi perusahaan. Lalu divisi the Nokia maps yang bertanggung jawab untuk pemetaan dan terakhir adalah divisi perangkat Nokia.

Sejauh ini, pasca pembelian bagian perusahaan oleh Microsoft, Nokia sebagai perusahaan pembuat perangkat ponsel hanya merilis satu perangkat, yaitu tablet Nokia N1. Tidak mengherankan jika tidak ada produk ponsel baru yang dirilis oleh Nokia saat ini. Perusahaan ini terikat kontrak resmi dengan Microsoft untuk tidak merilis ponsel baru dengan merek Nokia hingga kuartal ketiga pada tahun 2016 mendatang. Baru setelah kontrak tersebut berakhir, merek Nokia akan bebas dari ikatan hukum kontrak tersebut dan Nokia akhirnya dapat merilis ponsel baru dengan menggunakan namanya sendiri.
Terdapat berita baru yang beredar bahwa Nokia sangat mengantisipasi waktu sampai akhirnya merubah ponsel untuk game dengan smartphone baru.

Belum jelas berapa banyak perusahaan yang berinvestasi dalam usaha baru atau lama ini, tetapi rencana baru Nokia ini nampaknya telah menarik beberapa pihak berbakat kunci, dan telah dalam proses pengerjaan.

Untuk mendapatkan inti dari apa yang baru dari ponsel Nokia di tahun 2016, mungkin dapat terlihat tidak jauh dari tablet Nokia N1. Produk Nokia ini terlihat berbeda dari semua produk hasil perilisan Nokia sebelumnya karena ponsel ini hanya didesain oleh tim Nokia, sementara manufaktur dan distribusinya ditangani oleh perusahaan yang berbeda (China). Ini adalah pendekatan yang kurang berisiko, membutuhkan jauh lebih sedikit uang daripada mendirikan garis manufaktur sendiri, tetapi ini juga menjadi hal yang rumit untuk dilakukan di pasar yang semakin kompetitif saat ini.

Kebetulan, pendekatan ini adalah apa yang diharapkan untuk dilakukan oleh Nokia dengan ponsel terbaru mereka nanti. Dirancang oleh Nokia, namun diproduksi, dijual dan didistribusikan oleh perusahaan lain. Dan jika Nokia N1 tersebut dijadikan sebagai contoh, sangat mungkin bahwa ini adalah ponsel pertama dari Nokia yang akan berjalan pada Android. Hal yang telah lama menjadi impian dari banyak penggemar produk Nokia.

Bagaimana semua ini akan ditangani di tengah-tengah peningkatan investasi perusahaan dalam bisnis di inti jaringan (kalian telah mendengar bukan, bahwa Nokia telah secara resmi menyetujui untuk membeli Alcatel Lucent seharga kurang lebih 16.6 miliar US dollar?) masih belum terlalu jelas, tapi kita dapat tetap berharap. Karena merek Nokia adalah salah satu ponsel ikonik di dunia telepon yang memudar dengan begitu mudahnya di masa lalu.