Artikel / /
Oppo Menjadi Memimpin Merek Smartphone di Cina pada Juni 2016

Menurut penelitian terbaru dari Counterpoint, permintaan untuk smartphone di China tumbuh sekitar 17% per bulan Juni tahun 2016. Ini adalah pertumbuhan yang terbaik dari tahun-tahun sebelumnya. Mengomentari hasil ini, Direktur Riset, James Yan, menyoroti, “Lingkungan yang kompetitif di pasar smartphone terkemuka di dunia telah mengambil gilirannya menarik sebagai merek domestik yang telah signifikan menggenjot posisi mereka di pasar smartphone. Oppo menjadi merek nomor satu di Cina untuk pertama kalinya pada bulan Juni melebihi Huawei, Apple dan Xiaomi dengan rekor pangsa pasar 23% dengan volume penjualan naik sebesar 337% per tahun.

Vivo juga tampil dengan kinerja yang kuat dengan peluncuran Xplay 5 dan permintaan untuk seri X6 nya. Dengan kedua merek tersebut mereka mendapatkan sepertiga daripasar smartphone Cina, naik dari 6% dan 13% pada bulan yang sama pada tahun 2014 dan 2015. Sementara itu, pangsa pasar Apple merosot pada 2014 . Sedangkan Huawei, menurun di Juni karena peningkatan yang kuat dari Oppo dan Vivo”

China-June-2016-Smartphone-Market-Share-Bar-Graph

Penjulan Bulan Juni 2016 dalam Persen

Mengomentari pertumbuhan meroket Oppo ini, Direktur Riset Neil Shah, mencatat, “Oppo telah mengadopsi strategi sederhana namun efektif, mencari pasar secara offline yang mampu memberikan kontribusi lebih dari 70% dari total penjualan di Cina. pemasaran yang agresif, promosi dan sponsorship, lebih besar secara offline penetrasi ritel , margin ritel yang lebih baik, dukungan dealer dan desain smartphone inovatif telah membantu Oppo mendorong penjualan dalam delapan belas bulan terakhir.

“Fokus besar Oppo pada desain industri dan fitur utama seperti kamera, teknologi baterai dan bahan telah membantu Oppo mempertahankan keunggulan atas para pesaingnya dan memenangkan Mindshare konsumen – terutama di bawah 25 tahun kelompok usia. Oppo R9 dan R9 telah menjadi model terlaris untuk Oppo pada bulan Juni dengan model R9 yang menjadi model terlaris di bulan Juni. Dominasi mereka meluas di harga bahkan memperluas ke segmen premium dengan model seperti Huawei P9, Oppo R9 Plus dan Vivo X Play 5. ”

top-selling-devices-China-June-2016Ranking Penjualan di China Juni 2016

Menyoroti pada lanskap kompetitif, Direktur Riset, Peter Richardson mencatat, “Oppo dan cerita pertumbuhan Vivo telah mengesankan dan penting untuk dicatat bahwa merek mereka telah memasuki tiga tempat teratas dalam pasar smartphone Cina memiliki kecenderungan untuk bertahan untuk beberapa periode yang akan datang. Sehingga diharapkan Oppo dan Vivo untuk memberikan persaingan ketat untuk Huawei, Apple dan Xiaomi dalam pertarungan dekat untuk tiga tempat teratas dan Mindshare konsumen.