Artikel / /
Oppo R5, Smartphone Paling Tipis yang Pernah Ada

Pada umumnya, produsen smartphone terobsesi dengan ketipisan, meskipun kebanyakan konsumen mungkin akan lebih mendukung ponsel dengan daya tahan baterai yang mengagumkan dari pada tampilan yang super tipis. Tetapi bagaimanapun, dengan prosesor yang lebih kuat dan lebih ringan, tampilan resolusi yang lebih tinggi, itu adalah kunci untuk memiliki baterai dengan kapasitas yang besar untuk memastikan pensel dapat bertahan sepanjang hari.

Tapi menjadi ‘terbaik pada’ atau ‘yang paling’ bukan penentu konsumen pasti memilih ponsel tersebut. Namun, menjadi berbeda tentu akan menarik perhatian dan minat untuk membeli, bukan? Produsen ponsel asal China, Oppo, tampaknya mencoba peruntungan tersebut dengan merilis Oppo R5. Memang, ponsel ini bukan smartphone andalan utama mereka, tapi perusahaan mengklaim bahwa Oppo R5 adalah smartphone tertipis yang pernah ada dengan tebal hanya 4.85 mm. Ini cukup mengesankan karena Oppo R5 tampil dengan hanya 2 mm lebih tipis dari iPhone 6 dirasa sudah cukup tipis.

Baterai internal yang tertanam dalam Oppo R5 hanya berkapasitas 2.000 mAh, kapasitas yang sangat kecil jika mempertimbangkan layar pada perangkat Android ini yang memiliki lebar 5,2 inci resolusi 1080p. Oppo R5 menggunaka prosesor Snapdragon 615 dengan ruang penyimpanan 16 GB yang tidak dapat diperluas. Dengan kamera yang menonjol namun dengan resolusi 13 megapixel tanpa optical image stabilization yang dimiliki oleh hampir semua smartphone keluaran terbaru saat ini.

The Oppo R5 jelas dirancang untuk menghancurkan pesaingnya dalam faktor bentu daripada spesifikasi dan hardware. Jadi, apa yang diberikan oleh smartphone super tipis ini? Apakah smartphone ini dapat dibandingkan dengan smartphone lain yang lebih tebal namun memiliki perangkat keras yang lebih baik?
Pertama kali anda menarik Oppo R5 dari kotaknya, hal pertama yang akan ada fikirkan pasti betapa luar biasa tipisnya ponsel ini. Satu-satunya bagian dari ponsel yang tampak sedikit lebih tebal adalah bagian kameranya yang menonjol 1.9 mm, hal ini karena kamera belakang ini memiliki komponen sensor 13 megapixel dan lensa f/2.0-nya.

Kelangsingan perangkat ini benar-benar sesuatu yang menarik mata untuk melihatnya dan ini benar-benar keuntungan yang dimilikinya atas pesaing-pesaingnya yang sedang berlomba-lomba merilis smartphone baru mereka. Berkat kelangsingannya, Oppo R5 sangat nyaman digenggam meski memiliki body yang cukup besar, dan ketika anda meletakkannya di saku, anda akan merasa seperti hampir tidak ada ponsel disana.

Dengan keputusan Oppo untuk membuat R5 menjadi setipis mungkin, ini menyebabkan satu fitur utama dikorbankan, karena tidak ada jack audio 3.5 mm pada smartphone ini. Itu berarti anda tidak dapat mendengarkan musik melalui headphone seperti pada dasarnya disetiap perangkat lain di luar sana. Hal ini tentu mengganggu dan membatasi fleksibilitas dari R5. Namun, Oppo tentu memberikan solusi untuk kurangnya jack audio ini melalui adaptor untuk microUSB yang disertakan dalam kotak