polytron zap 5
Artikel / /
Polytron Zap 5, Smartphone LTE Termurah

Membendung ekspansi vendor-vendor dari luar, pabrikan lokal, Polytron ikut mewarnai persaingan pasar gadget di tanah air dengan produk inovatifnya Polytron Zap 5. Meski tidak mengusung spesifikasi yang mumpuni, namun kemampuannya dalam beroperasi di jaringan HSDPA dan 4G LTE (Long Term Evolution) menjadi nilai lebih yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan, mengingat harga jualnya yang pas untuk kantong kelas bawah, yakni sekitar Rp 1 jutaan. Itu sebabnya handset ini merupakan smartphone bertekhnologi LTE termurah yang dijual di Indonesia.

Selain mampu beroperasi di jaringan LTE untuk mengakses data lebih cepat, jaringan yang lainnya tentu saja juga tercover, sehingga untuk mereka yang tinggal di daerah terpencil dan masih belum dijangkau jaringan LTE, dapat memanfaatkan jaringan 2G maupun 3G. Tidak hanya itu, konektivitas penting lain yang juga dimiliki ponsel dual SIM ini adalah Wi-fi 802.11 b/g/n, mico USB v2.0 Bluetooth v4.0 serta A-GPS. Untuk konektivitas NFC serta USB-OTG sebagaimana ponsel premium dan middle end memang tidak dimiliki, namun keragaman konektivitas yang ada sudah membuatnya unggul dibanding kompetitor lainnya yang bersaing di level bawah.

Tidak hanya dari sisi konektivitas saja yang membuat spesifikasi handset ini sejajar dengan ponsel kelas menengah, tapi juga dari hardware yang dimilikinya. Karena untuk menggerakkan OS Android v4.4.4 Kitkat yang dijanjikan dapat diupgrade ke Android Lollipop dan sejumlah aplikasi yang terinstal, Polytron menanamkan otak yang lumayan gahar, yakni prosesor Quad Core berkecepatan 1.2 GHz dengan komputasi 64 Bit serta didukung Chipset versi terbaru dari Qualcomm yakni MSM8916 Snapdragon 410. Otak Polytron Zap 5 disuport RAM 1GB dan kartu grafis GPU Adreno 306, sehingga gambar yang tersaji tampak detail dengan warna yang sempurna saat dipakai memainkan game atau menikmati video yang berkualitas grafis tinggi.

Untuk fasilitas kamera, meski tidak istimewah namun tetap di atas standard ponsel low end, karena lensa yang ditanamkan pada kamera utama memiliki resolusi 5MP dengan tambahan fitur autofocus dan LED Flash guna mengatasi kondisi low light. Hanya kamera sekunder yang berkualitas rendah karena hanya memiliki resolusi VGA.

Spesifikasi yang sejajar dengan ponsel kelas bawah lainnya adalah kualitas layar yang memiliki bentang seluas 4.5 inch. Layar tersebut hanya bertipe TFT dengan resolusi 480 x 854 pixels dan kerapatan ~218 ppi, tanpa dilengkapi dengan screen protector. Namun demikian, rendahnya kualitas layar tersebut dapat tertutupi oleh desainnya yang modern dan stylish. Bodynya yang menggunakan material plastik dengan 2 pilihan warna, yakni putih dan hitam, pada bagian bazel dilingkupi warna emas yang membuatnya sedap untuk dipandang.

Untuk pendukung daya, Polytron Zap 5 menyertakan baterei Lithium berkekuatan 1650 mAh. Kemampuan yang terbilang kecil, namun lebih dari cukup untuk mengoperasikan perangkat dalam waktu yang terbilang lama.