Samsung Galaxy A5
Artikel / /
Samsung Galaxy A5, Berikan Tampilan dan Spesifikasi Menawan

Menilik dari nama yang diusungnya, Samsung Galaxy A5 jelas masuk ke jajaran Seri A yang hampir semuanya sukses di pasaran. Namun, jika dilihat dari konstruksinya yang unibody serta materialnya yang full aluminium, berbeda 180o dari semua ponsel yang masuk ke dalam keluarga Seri A. Sebab jajaran Ponsel Seri A buatan vendor dari Korea Selatan ini kesemuanya menggunakan bahan plastik, dan hanya Galaxy Note 4, gadget buatan Samsung yang diproduksi dengan material metal.

Meski dengan tampilan premium, ponsel berbobot 123 gram ini dibandrol dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah, itu sebabnya Galaxy A5 diperkirakan akan mengikuti kesuksesan dari generasi Seri A sebelumnya yang mampu bersaing di pasaran dengan para kompetitor di kelas masing-masing. Apalagi spesifikasi yang ditawarkan perangkat ini cukup dapat diadu dengan ponsel lain di kelas middle-end.

Keunggulan Galaxy A5 yang dapat dijadikan senjata guna memenangkan persaingan, yang utama adalah pada sisi dapur pacu yang diotaki dengan prosesor Quad Core Qualcomm Snapdragon 410 yang memiliki kecepatan 1.2 GHz, yang didukung RAM berkekuatan 2GB dan penunjang tampilan grafis GPU Adreno 306. Dengan otak yang mumpuni tersebut, saat melakukan multitasking, membuka aplikasi, browsing maupun rendering akan dapat dilakukan dengan cepat. Begitu juga saat dipakai memutar film dan memainkan game berkualitas HD, relatif tidak akan ada kendala yang berarti.

Untuk sistem operasi yang digunakan, memang bukan OS Android Lollipop yang terbaru, namun penggunaan OS Versi 4.4.4 Kitkat tidak menjadikannya tertinggal karena A5 mengombinasikannya dengan kustomisasi TouchWiz terkini yang membuat Tab pilihan di menu setting lebih enak untuk dilihat dan tidak lagi membingungkan seperti TouchWiz terdahulu.

Fasilitas kamera menempati urutan berikutnya sebagai senjata yang dapat dipakai Samsung Galaxy A5 untuk memenangkan persaingan, karena kemampuan kamera yang disertakan pada handset ini ada di jajaran depan untuk klasifikasi kamera yang dimiliki ponsel kelas menengah. Tidak hanya suguhan kamera primer berukuran 13 MP saja yang ditawarkan, tapi juga kelengkapan fitur standard dan fitur pengaturan lanjut, seperti metering, ISO, White Balance, dan fitur lainnya yang sangat membantu untuk menghasilkan foto dengan kualitas prima. Bahkan, saat kamera dizoom hingga 100%, detail yang dihasilkan masih dapat terjaga dengan baik. Begitu juga ketika dipakai untuk merekam video, kualitas yang diperoleh memiliki resolusi full HD 1080p yang sangat nyaman untuk dilihat. Sedang untuk kamera sekunder, lensa berkekuatan 5 MP dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan selfie, lengkap dengan fitur penghalus wajah, fitur untuk membuat mata lebih lebar dan pipi lebih kurus, juga fitur Palm Gesture yang dapat dipakai untuk mengaktifkan shutter cukup dengan menunjukkan telapak tangan.

Serangkaian keunggulan yang dihadirkan Galaxy A5 tersebut sayangnya tidak meliputi sisi layar yang memiliki bentang 5 inch. Karena meski menggunakan Panel Super Amoled, namun resolusi yang dihadirkan belum full HD, tepatnya hanya berukuran 1280 x 720 pixels. Untungnya karakteristik dari Super Amoled yang memiliki tingkat saturasi tinggi dapat menetralisir kekurangan tersebut, sehingga gambar yang tersaji di layar Samsung Galaxy A5 cukup nyaman untuk dilihat dengan sudut pandang yang sangat luas.