Samsung Galaxy S6 Edge
Artikel / /
Samsung Galaxy S6, Ponsel Flagship dengan Spesifikasi Terdepan di Kelasnya

Inilah salah satu ponsel yang paling ditunggu saat ini. Diperkenalkan untuk pertama kalinya di ajang World Mobile Congress 2015 beberapa waktu yang lalu di Barcelona, Samsung Galaxy S6 tampil dengan desain premium yang elegan serta dengan spesifikasi terdepan untuk kategori ponsel flagship.

Tampilan istimewah tersebut sudah langsung dapat ditangkap dari bodynya yang super tipis berbahan metal dengan ketebalan 6,8 mm yang mengusung konsep layar fleksibel dengan bentang 5,1 inch dari jenis SUPER AMOLED capacitive touchscreen. Layar yang tersemat ini terbilang paling tajam dibanding ponsel yang pernah ada karena resolusi dari layar tersebut sebesar 1440 x 2560 pixels serta kerapatan sampai dengan 577 ppi. Tidak heran jika gambar yang dihasilkan sangat sempurna dengan warna yang lebih nyata tanpa ada gangguan dot pixel sedikitpun. Keunggulan tersebut masih ditambah dengan hadirnya Gorillah Glass yang melindungi layar agar tidak tergores.

Bentuk body yang super tipis tersebut bukan berarti tidak memakan korban. Untuk mendapatkan tampilan yang elegan, ponsel ini harus mengorbankan sejumlah fitur yang sebelumnya melengkapi Galaxy S5. Beberapa fitur yang hilang tersebut diantaranya tidak dibekalinya sertifikat IP67 sehingga S6 bukan lagi ponsel tahan air. Selain itu, dengan desain unibody membuat baterei ponsel tidak dapat dilepas, dan tidak adanya slot tambahan untuk memori eksternal. Karena itulah, S6 dilengkapi dengan memori internal berkapasitas cukup besar, yang terbagi atas 3 jenis, yakni 32 Gb, 64 GB, dan 128 GB. Besarnya memori internal tersebut sudah barang tentu mempengaruhi harga dari masing-masing Ponsel.

Keunggulan yang cukup menyolok dari Samsung Galaxy S6 ini adalah ditanamkannya Chipset 14nm Exynos 7420 dengan arsitektur 64 Bit yang membuat otak ponsel ini lebih powerfull namun efisien dalam mendongkrak kinerja dari 2 prosesor berinti 4, yakni Quad Core 1.5 GHz Cortex A53 dan Quad Core 2.1 GHz Cortex A57. Keseimbangan dapur pacu yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.9 GHz tersebut praktis terjaga dengan ditanamkannya RAM sebesar 3 GB serta GPU Mali-T760. Sehingga otak ponsel ini dipercaya mengungguli ponsel flagship lainnya yang menggunakan prosesor Qualcom Snapdragon 810. Untuk robot hijau yang terpasang di S6, Samsung menancapkan Android verfsi terbaru, yakni Android Lollipop untuk melengkapi keberadaan ART compiler yang dapat menyuguhkan efek optimal pada sistem kerja aplikasi dan memori pada saat dalam keadaan loading.

Untuk kamera yang menyertai S6 masih tetap menggunakan lensa yang sama dengan generasi sebelumnya, yakni lensa beresolusi 16 MP. Hanya saja kemampuannya dalam merekam gambar lebih meningkat berkat ditambahkannya tekhnologi OIS (Optical Image Stabilization) yang membuat hasil bidikan pada objek stabil dan foto yang dihasilkan tidak blur. Selain itu dilengkapi pula dengan LED Flash, Autofocus, dan Aperture f/1.9 untuk menyiasati kondisi low light. Fitur canggih yang menyertai kamera, membuat S6 mendukung dual video recording dengan mode rekaman berkualitas Full HD 1080p.