Smartfren Andromax C2S
Artikel / /
Smartfren Andromax C2S, Smartphone Entry Level dengan Kamera yang Mumpuni

Sukses Smartfren dalam meraup sekitar 50% pelanggan baru lewat produk smartphone bertajuk Andromax, membuat vendor lokal ini terus memproduksi generasi-generasi Andromax berikutnya, hingga produk yang terbaru yakni Smartfren Andromax C2S. Dengan bandrol harga sekitar Rp. 850 ribuan, memang tidak banyak yang bisa diharapkan dari smartphone ini, karena spesifikasi yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan ponsel entry level lainnya. Tapi, bukan berarti tidak ada yang bisa diunggulkan dari Andromax generasi terbaru ini.

Fasilitas kamera yang ada misalnya, bisa disejajarkan dengan smartphone kelas menengah, karena kamera kembar yang dimilikinya memiliki kemampuan yang bisa diandalkan. Dikatakan kamera kembar, karena kamera primer dan kamera sekunder, keduanya memiliki spesifikasi dan fitur yang sama, yakni memiliki lensa wide angle berkemampuan 5 MP yang dilengkapi LED Flash, Fixed focus, touch focus, Geo-tagging, serta face/smile detection. Dengan lensa wide angle, sudut pandang yang bisa dibidik menjadi lebih lebar, sehingga selfie tidak hanya bisa dilakukan sendirian, berdua atau bertiga, tapi bisa dilakukan dengan beramai-ramai. Dengan resolusi 5 MP, gambar yang dihasilkan juga cukup tajam, begitu juga saat dipakai untuk merekam gambar bergerak, bisa dihasilkan video beresolusi tinggi yang nyaman untuk dilihat karena berkualitas HD 720p.

Pada sisi layar, smartphone berdimensi 124.5 mm x 64.5 mm x 10.0 mm tersebut masih seperti layar pada smartphone kelas bawah lainnya yang hanya mengusung resolusi Wide VGA (WVGA) dengan resolusi 480 x 800 pixels pada layarnya yang berukuran 4 inch. Layar berkemampuan multitouch tersebut memang belum bisa menghadirkan visual yang berkualitas, namun sudah cukup nyaman untuk ditangkap oleh mata. Screen guard perlu ditambahkan karena Andromax C2S masih belum dilengkapi dengan antigores untuk memberikan perlindungan terhadap layar.

Untuk otak yang dimiliki Smartfren Andromax C2S diisi dengan komponen standard berupa CPU Snapdragon Dual-Core Cortex A7 dengan kecepatan 1.2 GHz. Prosesor tersebut sebenarnya cukup bertenaga, hanya saja kurang didukung oleh kapasitas RAM yang berkekuatan 512 MB. Untungnya ukuran RAM yang terbilang kecil tersebut ditunjang operating system yang sudah menggunakan Android V4.4 Kitkat, sehingga membantu dapur pacu agar lebih bertenaga serta memacu multitasking agar dapat berjalan dengan mulus dan terhindar dari lag. Untuk membantu sektor grafis, Smartfren menyematkan Adreno 302 guna mendukung beragam game berkualitas HD. Hanya saja, karena kapasitas RAM terbilang kecil, sebaiknya tidak menginstal game berat dalam jumlah yang banyak meski storage yang dimiliki ponsel cukup lapang, yakni 4GB untuk kapasitas memori internal yang dapat diupgrade dengan microSD hingga 32GB.

Sebagaimana halnya produk-produk Andromax yang lain, dari sisi konektivitas, C2S digerakkan oleh dua SIM Card dengan sistem dual on, yang terdiri dari kartu GSM dan kartu CDMA yang dikeluarkan smartfren. Koneksi yang bisa ditangkap oleh sinyal GSM masih standard yakni jaringan 2G dan 3G lewat data GPRS serta EDGE. Sedang untuk koneksi CDMA, Smartfren Andromax C2S sudah mampu membaca tekhnologi EVDO REV A yang dapat melakukan download dengan kecepatan yang setara dengan 3.5G, serta dapat dipakai untuk menikmati streaming video tanpa adanya gangguan buffering.