Sony Xperia E4
Artikel / /
Sony Xperia E4, Performa Elegan Tampilan Layar Menawan

Ketika vendor-vendor gadget lain terus berusaha menyempurnakan produknya lewat nama yang sama namun berbeda generasi atau nomor serinya, Sony pun tidak mau ketinggalan. Mengusung Sony Xperia E4, Gadgeter pasti langsung paham kalau vendor asal negeri Sakura ini bermaksud menyempurnakan produk yang diluncurkan sebelumnya, yakni Sony Xperia E3.

Hadir dengan performa dan spesifikasi yang lebih mumpuni, Xperia E4 cukup ramah di kantong karena dibandrol dengan kisaran harga sekitar Rp. 2 jutaan. Dengan harga yang masuk klasifikasi menengah tersebut, smartphone ini sudah memberikan beberapa spesifikasi yang mumpuni setingkat di atas pendahulunya. Pada sisi layar misalnya, jika E3 hanya berukuran 4.5 inch, maka E4 sudah berbekal layar 5 inch dengan resolusi yang juga lebih tinggi, yaitu 540 x 960 pixels dan kerapatan sampai dengan 220 ppi, serta tingkat kekontrasan sebesar 16 juta warna. Dengan komposisi warna yang lumayan sempurna untuk menghadirkan gambar yang jernih dan alami tersebut, masih ditambah lagi dengan balutan tekhnologi IPS yang membuat layar tetap enak dilihat meski dalam sudut yang sempit. Keunggulan layar semakin berlipat dengan disuguhkanya multitouch 4 sensor serta Scratch Resistant Glass sebagai pelindung layar dari goresan.

Untuk body smartphone, harus diakui kalau Xperia E4 memang tidak seramping pendahulunya, karena dimensinya berukuran 137 mm x 74.6 mm x 10.5 mm dengan berat 144 gram. Namun performanya dijamin tidak mengecewakan, karena bahan plastik yang digunakan berkualitas tinggi sehingga saat memegangnya seolah sedang memegang ponsel berbahan keramik. Sayangnya, warna yang ditawarkan hanya terdiri dari 2 macam, yakni hitam dan putih.

Pada sisi dapur pacu, Sony Xperia E4 yang dijalankan dengan OS Android V.4.4.4 Kitkat ini mempersenjatai otaknya dengan prosesor Quad Core Cortex-A7 yang memiliki kecepatan sampai dengan 1.3 GHz dan Chipset Mediatek MT6582. Prosesor 4 inti tersebut ditunjang RAM berkekuatan 1 GB serta Mali-400MP2 untuk mendukung kebutuhan grafis, sehingga tampilan gambar menjadi lebih halus dengan kinerja yang handal serta responsive, baik saat dipakai untuk multitasking aplikasi maupun ketika digunakan untuk memainkan game-game yang berat. Sedang untuk kebutuhan penyimpanan data kapasitas internal memori yang dimiliki sebesar 8 GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai dengan 32 GB.

Spesifikasi yang boleh dibilang mampu untuk bersaing di pasaran tersebut sayangnya tidak diikuti dengan fasilitas kamera. Karena smartphone ini masih menancapkan kamera dengan resolusi hanya 5 MP dengan tambahan LED Flash, Autofocus, Geo-tagging, face detection, touch focus, HDR serta Panorama. Padahal resolusi 2592 x 1944 pixels tersebut kini sudah banyak dipakai oleh ponsel yang ada di jajaran low end.

Kekurangan tersebut, untungnya masih bisa tertutupi dengan keberadaan baterei yang cukup bertenaga untuk mendukung daya bagi kinerja smartphone ini. Dengan baterei Li-lon tipe Non Removable berkapasitas 2300 mAh, Sony Xperia E4 mampu digunakan dalam waktu siaga sampai dengan 696 jam, waktu bicara sampai dengan 12 jam, serta mampu memutar music player sampai dengan 48 jam.