sony xperia m4 aqua
Artikel / /
SonySony Xperia M4 Aqua, Lebih dari Sekedar Smartphone Tahan Air

Smartphone tahan air memang bukan sesuatu yang baru di dunia gadget, bahkan sebelum meluncurkan Sony Xperia M4 Aqua, Sony juga sudah mengeluarkan produk smartphone tahan airnya. Namun produk yang diperkenalkan untuk pertamakalinya di ajang Mobile World Congres (MWC) 2015 di Barcelona awal Maret yang lalu, lebih dari sekedar smartphone tahan air. Fitur tahan debu dan dapat diajak berenang hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit sehingga memperoleh sertifikasi IP68 hanya salah satu keunggulan yang dimiliki smartphone ini, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya yang menyertai, yang membuatnya layak untuk dijagokan Sony guna bersaing merebut pasar gadget di level menengah ke atas.

Dengan dimensi standard sebuah smartphone berukuran 145.5 mm x 72.6 mm x 7.3 mm dan berat 136 gram, Xperia M4 Aqua dipenuhi layar berukuran 5 inch pada bagian depannya, sehingga lebih leluasa untuk mengeksplore apa saja yang tersaji di layar. Digunakannya IPS dengan capacitive touchscreen, tidak hanya membuat layar smartphone ini mampu mendeteksi pergerakan keempat jari, tapi juga membuat gambar yang tersaji tetap dapat terlihat meskipun dengan sudut pandang 178o. Tampilan visual yang disajikannya juga sangat tajam, jernih, dan alami, karena resolusi yang diusung layar berkekuatan 720 x 1280 pixels dengan kerapatan 294 ppi pixels density serta keragaman warna mencapai 16 M. Keberadaan layar berkualitas tersebut, pada bagian permukaannya dilindungi dengan scratch resistant glass yang cukup membantu untuk melindungi dari goresan ringan meski ketangguhannya masih kalah dari Corning Gorilla Glass.

Pada sisi dapur pacu, smartphone yang diproduksi pabrikan dari negeri Sakura ini menanamkan otak yang cukup handal lewat mesin delapan inti (octa core) dengan dua buah prosesor, yaitu Quad Core Cortex-A53 berkekuatan 1.5 GHz dan Quad Core Cortex-A53 berkekuatan 1.0 GHz yang didukung Chipset buatan Qualcomm MSM8939. Pada sektor grafis dipastikan akan menghadirkan gambar yang halus dan memukau serta mampu menggerakkan OS Android Lollipop berikut aplikasi lain yang terinstal di dalamnya, termasuk game-game berkualitas HD, karena dukungan kartu grafis GPU Adreno 405 yang dikolaborasikan dengan RAM berkekuatan 2 GB. Ragam aplikasi yang bisa ditanamkan ke dalam Sony Xperia M4 Aqua dipastikan akan beragam, karena storage yang disediakan cukup lapang dengan kapasitas memori internal sebesar 8 GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai dengan 32 GB.

Nilai lebih juga diberikan oleh smartphone ini lewat fasilitas kamera yang dimilikinya. Berbekal lensa berkekuatan 13 MP pada kamera utama, membuat foto yang dihasilkan dijamin tajam karena jika kekuatan lensa tersebut dimaksimalkan akan dihasilkan foto dengan resolusi 4128 x 3096 pixels atau jika dipakai untuk merekam video, akan dihasilkan gambar bergerak dengan resolusi 1080p pada 30 fps. Minimnya cahaya bukan satu persoalan, karena kamera juga dilengkapi dengan LED Flash dan beberapa fitur standard lainnya seperti geo-tagging, autofocus, touchfocus, smile/face detection, serta fitur lainnya. Sementara untuk kamera depan, sebuah lensa berkekuatan 5 MP terbilang cukup istimewah untuk dipakai selfie maupun video chatting, dan menjadi lebih istimewah lagi karena bisa dipakai untuk mengambil gambar di bawah air.