sony xperia z3
Artikel / /
Sony Xperia Z3, Smartphone Tahan Air dengan Kamera Berkualitas DSLR

Entah dengan alasan apa dalam rentang waktu yang relatif pendek, pabrikan asal Jepang ini meluncurkan Sony Xperia Z3 sebelum Xperia Z2 menunjukkam eksistensinya di pasar gadget. Bisa jadi untuk mengantisipasi Galaxy Note 4 dan Edge yang diawal peluncurannya lebih memiliki daya pikat di mata publik dibanding Z2. Alhasil, berbagai macam peningkatan yang cukup signifikan pun dilakukan oleh Sony untuk mendongkrak performa produknya, sehingga perbedaan antara Z3 dengan Z2 menjadi begitu terasa.

Diperkenalkan untuk pertamakalinya pada pameran elektronik IFA di Berlin bulan Pebruari 2015 yang lalu, Z3 hadir dengan berbagai macam kelebihan dibanding generasi Xperia sebelumnya, mulai dari dimensinya yang lebih kompak, hardware dan softwarenya yang lebih bagus, baterei yang memiliki kapasitas lebih besar, serta fasilitas lainnya seperti kemampuan kamera yang juga lebih mapan.

Pada piranti otak misalnya, meski prosesor yang digunakan masih Snapdragon 801 dengan Chipset Qualcomm MSM8974AC dan RAM 3GB serta ditunjang GPU Adreno 330 untuk membantu mengolah grafis, namun dari sisi speed clock ditingkatkan dari 2.3 GHz pada Xperia edisi sebelumnya menjadi 2.5 GHz. Perangkat yang berjalan menggunakan Android v.4.4.4 Kitkat ini juga lebih nyaman untuk dipakai bermain game, tidak saja game-game yang tersedia di Play Store tapi juga untuk bermain PS4 karena adanya PS4 Remote Play, caranya adalah dengan meghubungkan handset ini dengan PS4 menggunakan koneksi Wi-Fi.

Spesifikasi lain yang menggiurkan dari Xperia Z3 adalah fasilitas kameranya yang memiliki kemampuan setara dengan kamera DSLR dengan sensor Exmor RSTM yang memiliki resolusi 20.7 MP dengan ISO 3200. Fasilitas kamera yang luar biasa tersebut membuat hasil bidikan menjadi sangat detail dan super tajam dengan akurasi warna yang mendekati objek aslinya. Resolusi yang sedemikian besar, membuat persoalan foto blur saat dilakukan cropping tidak lagi ditemui. Menariknya lagi, kamera yang dilengkapi degan LED Flash dan fitur Autofocus ini dapat dipakai untuk mengambil gambar di dalam air hingga kedalaman 1 meter, karena seperti halnya Z2 dan Z1, Sony Xperia Z3 merupakan smartphone premium tahan air dan debu. Sayangnya, kehebatan kamera utama tersebut tidak diikuti dengan kamera depan yang hanya berkapasitas 2.2 MP. Meski dengan resolusi sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk dipakai video chatting atau membuat foto selfie dengan hasil yang luamayan baik, namun untuk ukuran ponsel premium, akan lebih pantas jika menyematkan kamera sekunder dengan resolusi tidak kurang dari 5 MP.

Ponsel yang dilempar ke pasaran dengan harga sekitar Rp. 8 jutaan ini juga memiliki tampilan yang lebih menawan dibanding generasi Xperia yang diluncurkan sebelumnya. Dengan desain omnibalance tanpa sudut yang didominasi material kaca dan frame berbahan metal memberi kesan mewah dan elegance dari sisi penampilan. Bentang layarnya yang berukuran 5.2 inch, memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels yang disokong dengan tekhnologi Triluminos Display serta X Reality, sehingga gambar tampak jernih dan tajam serta saturasi warna dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan guna memperoleh warna yang ideal.

Untuk penopang daya handset, Sony Xperia Z3 menyematkan baterei berkekuatan 3.100 mAh yang dalam sekali charge akan mampu bertahan selama 24 jam dalam kondisi standby, serta mencapai lebih dari 5 jam dalam kondisi screen on time.