Wiko Highway 4G
Artikel / /
Wiko Highway 4G, Kemewahan Smartphone Pendatang Baru dari Perancis

Vendor gadget asal Perancis yang mengusung brand Wiko akhirnya meluncurkan beberapa varian produknya di tanah air pada Maret 2015 ini. Salah satu jagoan yang menjadi andalannya untuk bertarung di kelas premium adalah Wiko Highway 4G yang sesuai dengan namanya sudah terkoneksi dengan jaringan 4G LTE dengan kecepatan downloadnya hingga 150 MB perdetik dan kecepatan upload mencapai 50 Mbps.

Kemampuan perangkat ini dalam menjelajah jaringan 4G tidak lepas dari hardware dan software yang menyertainya. Jika vendor-vendor gadget yang memasarkan produknya di Indonesia pada umumnya menggunakan prosesor buatan mediate, qualcom serta intel, maka Wiko lebih memilih NVIDIA sebagai otak dari perangkat yang dibuatnya. Khusus untuk ponsel kelas premiumnya ini, prosesor yang dijadikan sebagai senjata adalah NVIDIA Tegra 4i Quad Core berkecepatan 2 GHz yang ditemani RAM berkapasitas 2GB dengan sektor grafis disokong GPU yang sudah tersohor di dunia PC Game yakni GeForce. Otak yang cukup bertenaga tersebut menggerakkan sistem operasi Android V 4.4.2 Kitkat yang untuk ukuran perangkat premium sebenarnya harus diupgrade dengan OS terbaru yakni Lollipop.

Selain penggunaan OS yang terkesan ketinggalan dibanding kompetitornya, tidak adanya slot miscroSD juga sedikit mengganggu, apalagi buat mereka yang suka menyimpan data dalam kapasitas besar pada storage handset. Sehingga keberadaan memori internal berkapasitas 16 GB yang dimiliki Wiko Highway 4G menjadi tidak terlalu berarti. Kekurangan lainnya ada pada baterei yang menjadi tumpuan daya. Kapasitas yang dimiliki baterei hanya sebesar 2.350 mAh, dan kemampuan tersebut terbilang kecil untuk menggerakkan perangkat yang hampir setiap bagiannya membutuhkan sumber tenaga yang besar. Apalagi smartphone ini dibuat dengan konstruksi unibody yang membuat baterei tidak bisa dilepas untuk diganti dengan baterei cadangan.

Namun demikian, kekurangan tersebut oleh Wiko ditutupi dengan tampilan layar berbentang 5 inch yang memiliki kontras, saturasi dan view angle yang sanggup memanjakan mata. Layar Multitouch yang menerapkan tekhnologi IPS LCD tersebut memiliki resolusi 1920 x 1080 pixels sehingga gambar yang ditampilkannya akan terlihat jernih, tajam, alami, dan memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.

Tampilan layar yang istimewah tersebut masih ditambah lagi dengan fasilitas kamera yang juga luar biasa. Betapa tidak, kamera depan yang dimiliki perangkat ini memiliki resolusi paling handal dibandingkan kamera sekunder dari ponsel lainnya yang ada di pasaran, yakni berkapasitas 8 MP, sehingga bagi mereka yang suka selfie, foto yang dihasilkan dijamin tidak mengecewakan.

Tidak hanya kamera depan, kemampuan kamera primer pun tidak kalah menakjubkan, yakni 16 MP. Sehingga untuk dapat memperoleh foto yang bercitarasa tinggi, tidak perlu harus menenteng kamera digital, tapi cukup dengan memanfaatkan kamera yang dimiliki smartphone ini. Dengan kamera tersebut, juga bisa dihasilkan video yang berkualitas Full HD pada frame 30 fps. Hanya saja, fitur yang menyertai kamera tersebut terbilang terbatas, yang hanya meliputi HDR, Auto, Panorama, serta Video. Sehingga untuk bisa menambah fitur lebih guna mengeksplorasi kemampuan kamera yang luar biasa pada Wiko Highway 4G ini, harus ditambahkan aplikasi kamera dari pihak ketiga yang dapat diunduh lewat Play Store.