Xiaomi Mi Pad
Artikel / /
Xiaomi Mi Pad, Pesaing iPad Mini dengan Spesifikasi yang Mumpuni

Diluncurkan di Indonesia pada Minggu kedua Bulan April 2015, Xiaomi Mi Pad hadir menemani produk gadget Xiaomi lainnya, yakni Android Redmi 2. Entah disengaja atau tidak, tablet dengan layar berukuran 7,9 inch ini memiliki spesifikasi dan desain yang hampir sama dengan iPad Mini besutan Apple, sementara dari sisi harga, produk Xiaomi jauh lebih murah. Sehingga dapat dipastikan jika tablet asal Cina ini akan menjadi pesaing berat bagi iPad Mini yang diproduksi oleh vendor asal Amerika.

Dengan harga jual $240 atau sekitar Rp.2,7 jutaan, handset ini terbilang istimewah dari sisi spesifikasi yang dimilikinya. Pada sisi tampilan misalnya, terdapat banyak pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Itupun masih ditambah dengan design yang elegan. Sehingga, meski bodynya terbuat dari plastik, namun kesan mewah bisa dirasakan dari ponsel yang memiliki dimensi 202.1 x 135.4 x 6.5 mm dengan berat 360 gram ini.

Kemewahan tersebut juga disuguhkan oleh layar IPS LCD yang memiliki resolusi 2048 x 1536 pixels, dengan kerapatan mencapai ~326 ppi pixel density. Resolusi yang sangat tinggi itu sebanding dengan layar Retina Display yang digunakan Apple Ipad, sehingga mata pengguna benar-benar akan dimanjakan dengan kejernihan dan ketajaman tampilan layar. Menjadi lebih istimewah lagi karena handset ini mengkolaborasikan sistem oprasional Android dengan MIUI. Sehingga tampilan antar muka yang dimilikinya menjadi lebih sempurna dibandingkan tampilan dari Android Standard.

Tidak hanya sektor layar yang memiliki spesifikasi luar biasa, tapi juga dapur pacu yang menjadi otaknya, karena Xiaomi Mi Pad menjadi tablet pertama di dunia yang menyematkan Chipset Nvidia Tegra K1. Chipset buatan Nvidia ini dipercaya memiliki performa yang lebih baik dibandingkan chipset buatan mediaTek maupun Qualcomm, utamanya dari sisi grafis, karena Nvidia selama ini dikenal sebagai produsen VGA terbaik di dunia. Chipset yang memiliki clock speed 2.2 GHz tersebut dipadu dengan processor ARM Cortex-A15, RAM 2GB LPDDR3, serta pengolah grafis NVIDIA 192 KeplerTM, sehingga dipastikan akan mampu menjalankan Android v.4.4 Kitkat dan berbagai aplikasi lainnya dengan optimal.

Diantara beragam keunggulan yang disuguhkan tersebut, sayangnya dari sisi konektivitas, tablet ini tidak mendukung SIM Card, sehingga untuk koneksi internet hanya bisa menggunakan jaringan Wi-Fi. Apakah ini merupakan kekurangan atau memang salah satu strategi pemasaran dari Xiaomi, sampai saat ini masih belum ada yang tahu. Jika memang merupakan strategi pemasaran, sangat dimungkinkan Xiamo akan mengikuti jejak Apple iPad dan seri Google Nexus 7, yakni dengan memproduksi generasi penerus Mi Pad yang support SIM Card serta mampu beroperasi pada jaringan 4G LTE maupun HSDPA.

Pada sektor kamera, tablet ini dipersenjatai kamera utama yang memiliki resolusi 8MP dan mampu menghasillkan foto dengan ketajaman 3264 x 2448 pixels serta mampu merekam video berkualitas 1080p. Sedang untuk kamera depan, terpasang lensa berkekuatan 5MP untuk kebutuhan video calling maupun selfie dengan hasil yang sangat memuaskan. Foto dan video tersebut, juga file-file yang lain dapat disimpan dengan leluasa pada storage yang ada, karena kapasitas yang disediakan cukup lapang, yakni 16 GB yang masih bisa diperluas dengan bantuan MicroSD sampai dengan 128 GB.

Sedang untuk sumber daya, Xiaomi Mi Pad menggunakan baterei dengan kekuatan yang besar, yakni Li-Po 6700 mAh. Dengan baterei tersebut, tablet bisa difungsikan sampai dengan 11 jam onscreen, atau selama 86 jam jika dipakai untuk mendengarkan musik tanpa henti.