Xiaomi redmi 2
Artikel / /
Xiaomi Redmi 2, Usung Dual 4G LTE dengan Harga Termurah

Menyeser kalangan low entry, Xiaomi menghadirkan produk terbarunya Xiaomi Redmi 2 yang menggunakan dual SIM dan keduanya mendukung dual 4G LTE dengan harga hanya Rp. $112 atau sekitar Rp. 1,4 juta. Meski bukan tekhnologi terbaru, namun untuk mencari ponsel dual SIM yang keduanya mendukung jaringan 4G LTE bisa dibilang sulit, karena pada umumnya ponsel dual SIM yang beredar di pasaran hanya satu SIM yang support 4G sedang SIM lainnya hanya mendukung jaringan 2G atau 3G. Itu sebabnya ponsel yang mulai beredar di Indonesia pada 8 April 2015 ini bisa dibilang ponsel dual 4G LTE termurah.

Kemampuan lebih dalam menjelajah beragam jaringan tersebut sudah barang tentu karena didukung dengan dapur pacu yang istimewah, yakni processor bertekhnologi 64 Bit dengan Clock Speed Quad Core 1.2 GHz serta dukungan Chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang berstruktur Cortex A53. RAM yang disematkan pada hardware juga berkapasitas lumayan besar yakni 1 GB dengan pengolah grafis menggunakan GPU Adreno 306, sehingga tampilan dari OS Android v.4.4.4 Kitkat menjadi semakin sempurna. Apalagi Xiaomi juga menyematkanMiui V6, yakni Custom Rom Android sebagaimana produk-produknya yang lain, membuat tampilan user interface dari ponsel ini semakin menawan serta lebih mudah untuk customisasi.

Keindahan tampilan user interface tersebut semakin lengkap karena layar Xiaomi Redmi 2 yang berukuran 4.7 inch tersebut dilengkapi dengan panel IPS yang memiliki resolusi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan pixels ~321 ppi. Layar yang menghadirkan gambar yang tajam dan jernih tersebut masih dilapisi dengan dragon tail sebagai pelindung dari goresan akibat benturan ringan, sehingga tidak dibutuhkan lagi screen protector untuk melindunginya. Istimewahnya, ponsel berdimensi 137 x 69 x 9.4 mm dengan berat 133 gram tersebut memiliki desain eye candy, sehingga memberi kesan fashionable dan cocok untuk kaum wanita.

Pada sektor kamera, spesifikasinya masih tetap sama dengan produk yang beredar sebelumnya, yakni Redmi 1S, karena untuk ukuran ponsel murah, spesifikasi tersebut sudah terbilang mumpuni, bahkan melebihi kemampuan kamera yang dimiliki para kompetitornya. Dengan menggandeng Sony, fasilitas kamera yang disematkan Xiaomi pada ponsel ini berupa lensa berukuran 1.4 px 8 Megapixel yang dilengkapi fitur autofocus, LED flash, touch focus, face/smile detection, Geo-tagging, serta A ƒ/2.2 aperture, sehingga mampu menghasilkan gambar yang lumayan tajam, bahkan pada kondisi yang kurang cahaya sekalipun, karena resolusi untuk foto mencapai 3264 x 2448 pixels, sedang jika dipakai untuk merekam video akan menghasilkan gambar video dengan resolusi Full HD 1080p pada frame @30 fps. Sedang untuk kamera depan, lensa yang ditanamkan juga cukup lumayan untuk dipakai selfie atau melakukan video chatting karena berukuran 2 Megapixels.

Untuk mencukupi kebutuhan energi dari komponen software dan hardware yang ada, ponsel ini menggunakan baterei Li-Po dengan kapasitas 2200 mAh. Ukuran baterei tersebut sebenarnya terbilang kecil, namun tidak usah khawatir, karena fitur Miui V6 yang disematkan akan membuat Xiaomi Redmi 2 senantiasa awet saat digunakan.