Xiaomi Redmi Note
Artikel / /
Xiaomi Redmi Note, Phablet dengan Spesifikasi yang Mentereng

Menyusul sukses yang diraih produk perdananya Xiaomi Redmi S1, vendor asal negeri China ini meluncurkan lagi produk terbarunya Xiaomi Redmi Note. Terobsesi oleh kesuksesan produk perdana, menjadikan tampilan Redmi Note bak pinang dibelah dua dengan Redmi 1S, baik dari sisi desain, warna, label, juga tombol softbutton pada bagian muka, semua sama persis kecuali ukuran Redmi Note yang lebih besar dengan layar 5.5 inch dibanding Redmi 1S yang ukuran layarnya 5 inch. Perbedaan lainnya adalah ditambahkannya backlight pada tombol softbutton sehingga saat berada di kegelapan, handset ini dapat dengan mudah dilihat.

Dengan dimensi berukuran 154 mm x 78.7 mm x 9.5 mm dan berat 199 gram, sisi body phablet ini praktis bersih dari tombol dan lubang slot, kecuali tombol daya dan tombol pengatur volume pada sisi sebelah kanan, karena untuk mengakses seluruh kompartemen, mulai dari baterei, dual slot SIM Card, serta slot microSD, semua dilakukan dengan membuka cover bagian belakang. Sedang untuk port jack audio 3.5 mm dan micro-USB ditempatkan pada sisi atas dan bawah, sehingga jika dinilai dari sisi konstruksi, perangkat ini jauh dari kesan murahan.

Tampilan fisik yang pantas untuk diacungi jempol tersebut disempurnakan dengan layar Full Touch Screen bertekhnologi IPS LCD dengan resolusi 1280 x 720 dan kerapatan 267 ppi serta ragam warna 16M. Sehingga gambar yang disuguhkan terkesan tajam, jernih, dan cemerlang meski dengan bentang layar yang lebar. Hanya saja, tidak adanya pelindung yang melapisi hamparan layar, membuat screen guard perlu ditambahkan agar layar terhindar dari goresan.

Spesifikasi yang mentereng juga terlihat dari otak yang dimiliki Xiaomi Redmi Note. Bersenjatakan prosesor Octa Core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1.66 GHz serta Chipset MediaTek MT6592, membuat phablet ini cukup bertenaga. Apalagi RAM yang menyertainya berkapasitas 2 GB yang ditunjang GPU Mali 450 MP untuk mengolah grafis sehingga aplikasi yang rakus dengan sumberdaya pun akan dapat dijalankan, begitu juga saat membuka tab browser dalam waktu bersamaan, akan dapat terbuka dengan lancar tanpa sedikitpun menemui kendala. Keberadaan dapur pacu yang mentereng dan bertenaga tersebut sayangnya hanya dipakai untuk menjalankan sistem operasi Android V4.2.2 Jelly Bean dengan antarmuka MIUI V.5 ala Xiaomi, sehingga terkesan ketinggalan dari para kompetitornya di kelas menengah yang sudah berduyun-duyun pindah ke Android Kitkat bahkan Lollipop.

Beruntung kekurangan tersebut dapat tertutupi oleh kemampuan kamera yang mumpuni dengan lensa berkekuatan 13 MP yang ditunjang LED Flash dan beberapa pengaturan standard serta fitur kamera tingkat lanjut, seperti White Balance, ISO, dan sebagainya, yang dapat menghasilkan foto dengan warna yang tajam dan natural serta memiliki kontras dan saturasi yang tinggi. Hasil yang istimewah juga diperoleh saat dipakai merekam gambar bergerak, karena video yang dihasilkan berkualitas full HD 1080pixels pada frame 30 fps. Sedang untuk kebutuhan selfie, video chatt serta video calling, Xiaomi Redmi Note menghadirkan kamera sekunder yang memberikan kualitas lebih karena lensa kamera depan berkekuatan 5 MP.