Xperia Z5
Artikel / /
Xperia Z5: Asisten Pribadi Serba Bisa

Industri ponsel kini sedang ramai menjadi salah satu sektor bisnis yang cukup menggiurkan. Betapa tidak, tingginya permintaan masyarakat terhadap ponsel membuat berbagai pemain baru mencoba peruntungan mereka dalam produksi dan pemasaran ponsel cerdas. Hal ini menjadi salah satu tantangan yang cukup berat bagi para pemain lama di industri ponsel dan telekomunikasi seperti Sony. Sony merupakan perusahaan elektronik yang memiliki basis di Tokyo, Jepang. Sebelumnya Sony terkenal dengan nama Sony Ericsson yang merupakan gabungan dua perusahaan multinasional antara Jepang dan Swedia. Namun pada tahun 2012, saham Ericsson telah resmi dibeli sepenuhnya oleh perusahaan Sony.

Produk Sony sendiri cukup mampu bersaing di pasaran ponsel cerdas dengan ciri khas dan keunggulan yang dimilikinya. Salah satu ponsel cerdas yang canggih keluaran Sony adalah Xperia Z5. Seri Xperia sendiri menjadi seri ponsel cerdas yang cukup dibanggakan dan selalu diinovasikan kembali oleh Sony sehingga mereka berhasil mencuri perhatian pecinta gadget di dalam negeri. Kali ini akan dibahas mengenai spesifikasi dan kelebihan yang dimiliki oleh Xperia X5.

Dimulai dari bodi ponsel. Xperia Z5 ini memiliki s desain yang mengusung ciri khas Xperia dengan sudut membulat dan tepi yang halus. Ponsel ini memiliki dimensi 154.4 x 75.8 x 7.8 mm dan bobot mencapai 180 gram.Lihat Spesifikasi Selengkapnya Tampilan warna yang diberikan terkesan segar dengan warna krom, hitam, serta emas. Material bodi menggunakan sand-blasted metal dan frosted glass yang membuat tampilan bodi ponsel begitu istimewa.
Fisik Xpreia Z5 ini didesain untuk memiliki ketahanan yang bagus baik dari debu, air, hingga benturan.

Ponsel ini diklaim tetap dapat bertahan meski jatuh ke air dengan kedalaman 1.5 meter hingga 30 menit. Layarnya berukuran 5.5 inchi dengan menggunakan tipe layar IPS LCD yang mampu menghasilkan 16 juta warna. Layar Xperia Z5 ini mampu menghasilkan resolusi 2.160 x 3.840 piksel dan kerapatan yang sangat tinggi yakni 880 ppi dimana ponsel pesaing hanya bisa mencapai kerapatan layar setengah dari ponsel satu ini. Inilah yang menjadikan Xperia Z5 mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam, realistis, serta detil yang juga mendukung multitouch hingga 10 jari. Layarnya juga sudah dilindungi oleh teknologi Oleophobic Coating yang memberikan perlindungan lebih kuat.

Di bagian dapur pacu, ponsel ini mengandalkan teknologi chipset Qualcomm Snapdragon 810 dan CPU Octa Core yang terdiri dari dua cluster yaitu prosesor Quad Core 1.5 GHz Cortex A53 dan prosesor Quad Core 2 GHz Cortex A57. Inilah yang menjadikan ponsel ini memiliki kinerja yang sangat baik dan jauh dari kemungkinan lag. Masih didukung dengan penggunaan RAM 3 GB, sistem operasi Android Lollipop v5.1.1 dan kartu grafisnya mengandalkan GPU Adreno 430.

Memori penyimpannya begitu besar dengan kapasitas memori internal 32 GB dan dapat diekspansi dengan memori eksternal microSD hingga 200 GB! Besarnya kapasitas memori penyimpanan ini disematkan untuk mendukung kinerja ponsel yang salah satunya terdapat dari fitur kamera Xperia Z5. Ponsel ini memiliki fitur andalana kamera utama dengan ukuran fantastis yakni 23 MP dengan resolusi lensa5520 x 4140 pixels dan fitur pendukung seperti LED Flash serta Autofocus. Sedangkan kamera sekundernya diberikan dengan ukuran 5.1 MP yang tentunya mendukung hobi selfie yang sedang marak di kalangan pengguna ponsel cerdas.

Untuk urusan jaringan, ponsel ini mendukung konektivitas lengkap dengan teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE. Beberapa fitur koneksi lain yang tersemat dalam ponsel ini adalah Wi-Fi, dual-band, WiFi Direct, DLNA, serta hotspot. Ponsel Xperia Z5 ini juga dilengkapi dengan adanya microUSB v2.0 yang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan debug USB. Dengan berbagai fitur yang unggul ini, ponsel Xperia Z5 dibekali dengan penggunaan baterai yang mumpuni dan berkapasitas cukup besar yakni 3.430 mAh jenis Lithium-Ion. Selain besar, pengisian daya baterai ponsel ini cukup cepat. Untuk mengisi daya hingga 60% saja hanya dibutuhkan waktu 30 menit. Bukankah sangat efektif dan efisien?

Itulah sekilas spesifikasi dan kelebihan pada Sony Xperia Z5 yang mungkin akan Anda jadikan informasi dan referensi untuk mempertimbangan ponsel cerdas ini sebagai ponsel Anda. Dengan berbagai keunggulan kelas premium tersebut, tak heran bila ponsel ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, yakni mencapai Rp 12.000.000. Jika penggunaannya memang membutuhkan semua fasilitas dari ponsel ini, apalah arti sebuah harga. Bukankah begitu?