Asus Zenfone 2
Artikel / /
Zenfone 2, Android dengan RAM 4GB Pertama di Dunia

Inovasi terus dilakukan oleh vendor-vendor dari China untuk memenangkan persaingan di pasar gadget dunia yang semakin hari semakin bertambah ketat. Salah satunya dilakukan Asus lewat produk terbarunya yang di perkenalkan untuk pertama kalinya pada ajang Consumer Electronics Show di Barcelona pada bulan Maret yang lalu, yakni Asus Zenfone 2. Smarphone ini menjadi terasa istimewah karena mengusung RAM 4GB dengan harga yang setara ponsel kelas menangah. Padahal Samsung dengan Galaxy Note 4nya yang harganya sekitar 30% lebih mahal, hanya memasang RAM 3GB. Tentu saja kehadiran generasi terbaru dari Zenfone ini cukup mengguncang pasaran gadget dunia, utamanya Samsung yang menjual produknya dengan harga lebih mahal.

Dengan kapasitas RAM 4GB, otak ponsel ini juga superior guna memaksimalkan kinerja dari RAM tersebut, yakni processor Quad Core Intel Atom Z3580 berkecepatan 2,3 GHz dan Z3560 berkecepatan 1,8 GHz yang didukung kartu grafis GPU PowerVR G6430 seri 6 dengan kualitas mumpuni lewat kemampuannya menjalankan grafis direct serta OpenGL ES 3.0. Ponsel dual SIM yang menggunakan operating system terbaru dari Android yakni v.5.0 Lollipop ini tentunya memiliki konektivitas yang tinggi dalam menjalankan operasinya di berbagai jaringan, termasuk jarigan 4G LTE yang memiliki kecepatan download sampai dengan 150 mbps serta kecepatan upload 50 mbps. Untuk koneksi yang lain, terdapat pula Wi-Fi 802.11yang support Wi-Fi Direct serta Hotspot/Tethering untuk berselancar internet menggunakan jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi. Tidak ketinggalan pula konektivitas nirkabel terbaru Bluetooth v4.0 serta sistem navigasi bertekhnologi tinggi, A-GPS yang dipadu dengan Glonass untuk mengunci posisi perangkat.

Pada sisi tampilan, Asus Zenfone 2 juga cukup menarik perhatian. Dengan dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 dan berat 170 gram, ponsel bertipe CandyBar ini mengusung desain layaknya generasi zenfone sebelumnya dengan berbagai macam pilihan warna, yakni Sheer Gold, Osmium Black, Glamor Red, Glacier Gray dan Ceramic White. Untuk kualitas layar yang berukuran 5.5 inch tidak perlu diragukan, karena layar Full HD bertekhnologi IPS tersebut resolusinya sebesar 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixels ~401 ppi dan masih dilapisi Corning Gorilla Glass 3 serta Oleophobic Coating sebagai protector pelindung layar.

Fasilitas kamera pada smartphone ini juga tidak mengecewakan. Pada kamera utama terpasang lensa beresolusi 13MP dilengkapi fitur autofocus dan LED Flash dual tone yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi 4128 x 3096 serta video berkualitas 1080p. Sedang pada kamera sekunder, lensa berkekuatan 5MP sudah lebih dari memuaskan untuk dipakai video chatting maupun selfie.

Untuk penunjang daya, sebuah baterei Li-Po berkekuatan 3000 mAh menyertai perangkat ini. Sayangnya, baterei tersebut tidak bisa dilepas, karena ponsel menggunakan desain unibody. Namun tidak perlu khawatir, karena bersamaan dengan peluncuran handset ini, Asus juga merilis Powerbank khusus untuk mendampingi Asus Zenfone 2. Selain itu, Chipset yang tertanam pada ponsel ini juga memiliki teknologi Fast Charging, sehingga untuk memenuhi 60% dari kapasitas baterei, cukup hanya dengan menchargenya dalam waktu sekitar 39 menit.