Informasi / /
BBM hanya populer di Indonesia, WhatsApp paling banyak di download

Seperti yang sudah sering dikabarkan selama ini, WhatsApp kini telah menjelma sebagai aplikasi chat/messaging terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan mendekati 1 miliar. Untuk mengetahui seberapa populer aplikasi ini di seluruh dunia, firma analisis digital Similar Web melakukan sebuah studi dengan mempelajari data dari perangkat Android di 187 negara.

Hasilnya? Similar Web mencatat bahwa WhatsApp merupakan aplikasi yang paling sering dipakai di 109 negara, alias 55,6% dari negara yang mereka survey. Negara-negara yang paling gemar berkomunikasi via WhatsApp adalah Brazil, Meksiko, India, Rusia, juga negara-negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia serta Oseania.

bbm vs WhatsApp

 

Saingan terbesar WhatsApp adalah aplikasi chat buatan ‘saudara’ mereka sendiri, yaitu Facebook Messenger. Aplikasi ini tercatat menempati posisi pertama di 49 negara, antara lain di Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Mengingat WhatsApp merupakan perusahaan yang berada di bawah Facebook, maka gabungan keduanya menempatkan Facebook sebagai raja untuk komunikasi via chat di 149 negara.

Aplikasi lain yang masuk daftar 5 besar adalah Viber, Line, dan WeChat, sementara aplikasi favorit organisasi teroris ISIS yaitu Telegram berada di posisi ke-6. Yang menarik, dari keempat aplikasi ini Viber merupakan satu-satunya aplikasi yang merajai di 10 negara atau lebih. Viber tercatat paling sering digunakan di Eropa Timur, terutama di negara seperti Belarusia, Moldova, dan Ukraina. Khusus untuk Ukraina, Viber tercatat hadir di 65% ponsel Android yang ada di negara tersebut.

Lalu bagaimana dengan aplikasi andalan BlackBerry yaitu BBM? Similar Web mencatat bahwa aplikasi ini cuma bisa menempati posisi pertama di Indonesia saja, dimana 87,5% responden menempatkan BBM sebagai aplikasi favorit mereka.

Bagaimana dengan Anda? Lebih suka chat dengan menggunakan WhatsApp atau BBM?