Informasi / /
Kesalahan Para Developer dalam Membuat Aplikasi Mobile

Di tengah era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, banyak sekali pihak – pihak atau para developer yang hadir dan ikut serta dalam mengisi dan menghadirkan berbagai aplikasi – aplikasi baru untuk berbagai macam platform smartphone, dan juga sampai mengembangkan berbagai Sistem Operasi baru yang sekarang ini banyak pendatang baru yang hadir.

Sekarang ini ada jutaan aplikasi yang ada di setiap platform smartphone. Baik Android, iOS, BlackBerry, Windows Mobile dan lainnya yang siap untuk diunduh di setiap pengguna smartphone. Ada banyak kategori yang bisa dipilih oleh para pengguna. Mulai dari aplikasi kantor, aplikasi pemutar musik dan video, games, dan lain – lain.

Dari sekian juta aplikasi yang beredar di Toko Aplikasi setiap platform mobile, tidak semua aplikasi diunduh dan menarik bagi pengguna. Ada banyak alasan mengapa aplikasi – aplikasi tersebut tidak bisa diunduh. Dan perlu diketahui bahwa, penyebabnya bukan karena aplikasinya, melainkan dari para developernya sendiri. Berikut ini kita bahas beberapa kesalahan para developer dalam membuat aplikasi mobile.

  • Tujuan dari pembuatan aplikasi

Yang pertama, sebelum kita membuat sebuah aplikasi maka kita perlu tahu apa tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut. Tujuan itu penting karena jika kita hanya membuat aplikasi tanpa tujuan, maka hasilnya pun akan asal – asalan dan tidak ada kejelasan dari aplikasi yang kita buat.

Contoh, jika tujuannya untuk hiburan maka kita buat game, jika untuk memutar musik kita ciptakan pemutar musik.

Dan pastinya, para pengguna akan enggan untuk menggunakan aplikasi kita karena buat apa menyimpan dan memakai aplikasi yang tidak ada gunanya.

  • Konsep aplikasi terlalu sama dengan yang ada di pasaran

Setelah kita punya tujuan pembuatan aplikasi mobile ini, maka kita rancang konsep seperti apa aplikasi ini nanti. Seperti jika kita buat aplikasi game, game balapan. Game balapan ini harus berbeda dengan yang sudah ada. Entah bisa menggunakan setir nyata yang disambungkan ke smartphone, sehingga terlihat unik dan berbeda. Jika kita sama persis dengan yang ada di pasaran, maka buat apa. Para pengguna pasti akan memilih yang sudah ada duluan di pasaran dan aplikasi milik kita tidak akan dipakai.

  • Terlalu banyak fitur

Memang sebuah fitur atau ciri khas tersendiri dalam sebuah aplikasi itu diperlukan. Namun jangan sampai over juga. Jangan terlalu banyak memakai banyak fitur, seperti ada fitur multiplayer online, multiplayer wireless, multiplayer bluetooth, dan lainnya. Para pengguna pasti tidak akan menggunakan itu semua. Maka dari itu, sesuaikan fitur yang akan kita pakai dengan aplikasi yang kita buat. Unggulkan beberapa fitur saja sebagai ciri khas aplikasi kita.

  • Update berisi konsep yang 180 derajat berbeda

Seumpama, aplikasi kita telah cukup banyak yang mengunduh dan menggunakannya secara terus menerus. Dan kita ingin mengupdate ke versi terbaru. Maka jangan sampai update tersebut berisi hal – hal yang berbeda atau baru lagi dari aplikasi sebelumnya. Karena itu semua akan membuat pengguna bingung, sampai bisa dihapus dari perangkat mereka.

Saran saja, sebelum melakukan update kita lakukan vote tentang apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan, atau perlu ditambahi fitur apalagi. Sehingga update kita sesuai dengan permintaan pengguna. Yang tentu berdampak pada kepuasan para pengguna dan banyak pengguna baru.

Jadi, setelah kita tahu beberapa faktor diatas maka kita tidak bisa menyalahkan aplikasi yang dibuat oleh para developernya. Walaupun aplikasinya begitu sempurna, mulai dari tampilannya bagus, animasinya menarik, ada suara, tidak ada error, dan lainnya tidak akan berguna jika developernya gagal dalam membuat dan merancang aplikasi mobile