Nokia Kembali
Informasi / /
Nokia Akan Kembali Dengan Sistem Operasi Android

Microsoft telah mengumumkan bahwa menjual fitur bisnis ponsel sebesar 350 juta dolar dalam kesepakatan dengan FIH Mobile, anak perusahaan dari produsen hardware Cina Foxconn, yang memproduksi iPhone untuk Apple, dan perusahaan yang baru dibentuk yang disebut HMD global.

Kesepakatan itu mencakup aset entry-level perangkat mobile milik Microsoft dan nama merek brand Nokia, serta fasilitas manufaktur di Hanoi, Vietnam. Transaksi ini diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2016 ini.

Ketika selesai, HMD akan dapat menjual ponsel Nokia serta smartphone dan tablet berbasis Android. HMD Global berencana untuk berinvestasi lebih dari 500 juta dolar selama tiga tahun ke depan untuk memasarkan produk mobile-nya di seluruh dunia.

Ide dari kesepakatan ini adalah untuk memanfaatkan brand Nokia, yang mengumpulkan lebih dari beberapa tahun membuat fitur ponsel berkualitas tinggi serta Windows Phone berbasis smartphone.

Namun, ini tidak akan menjadi pertama kalinya Nokia menggunakan perangkat berbasis Android. Pada akhir 2014, telah diluncurkan tablet N1 tapi tidak tersedia secara luas di seluruh dunia. Mudah-mudahan, dengan kesepakatan dengan HMD Global kita akan melihat produk-produk Nokia di toko-toko di seluruh dunia segera.

Kesepakatan ini tidak akan mempengaruhi sistem operasi mobile berbasis Microsoft Windows. Microsoft menyatakan akan terus mengembangkan Windows 10 Mobile dan menjaga merek Lumia-nya akan tetap hidup, dengan terus bermitra dengan pembuat hardware Windows Phone seperti Acer, Alcatel, HP dan VAIO.

Langkah ini dipandang agar Microsoft fokus pada perangkat unggulan berbasis Windows 10. Perusahaan ini dikabarkan akan fokus pada Surface Phone untuk 2017, tetapi belum dikonfirmasi rincian apa pun.