Informasi / /
Perbedaan Mencolok CPU MediaTek Helio P10 dan Helio X10

Berbicara masalah prosesor smartphone di dunia ini ada beberapa vendor terkenal yang produk prosesor atau CPU yang sudah jutaan smartphone di dunia ini memakainya. Beberapa vendor terkenal itu antara lain Intel, Qualcomm, dan MediaTek. Nah, kali ini kita akan membahas sedikit tentang beberapa chipset dari MediaTek. Kita disini akan sedikit memberi pengetahuan berkenaan tentang perbandingan antara chipset MediaTek Helio P10 dan Helio X10. Memang apa perbedaan dari dua chipset ini? Mari kita simak sedikit.

MediaTek Helio P10

Nah untuk membandingkannya, kita akan lihat dari beberapa segi pandang, yaitu :

Performa.

Yang pertama adalah performa. Mengapa? Karena yang pertama akan kita lihat tentu adalah performa kerja dari chipset ini, yang mana sangat berdampak sekali pada kinerja smartphone yang ditanami chipset prosesor ini.

Ternyata tujuan MediaTek membuat kedua chipset ini berbeda ini karena ada tujuan masing – masing dari pembuatan tiap chipset CPU ini.

Mulai dari chip prosesor MediaTek Helio P10, diciptakan untuk tujuan power saver atau penghematan daya dari sebuah smartphone. Untuk itulah mengapa smartphone ini biasanya dipakai pada smartphone kelas menengah sampai kelas kebawah, atau untuk smartphone berdaya baterai kecil atau standar. Chipset ini biasanya dipadukan dengan GPU atau pengolah grafis dari ARM Mali-T860 MP2. Dengan demikian, chipset ini maksimal bisa berjalan pada layar smarpthone beresolusi full HD 1080p atau 1920 x 1080p. Untuk memutar video, maksimal video beresolusi full HD 1080p juga.

Sedangkan untuk chipset MediaTek Helio X10 ini memang diciptakan untuk tujuan maximal performance, jadi bisa memaksimalkan kinerja smartphone untuk kepentingan multimedia dan gaming. CPU ini biasanya dipakai pada smarrtphone kelas menengah keatas hingga flagship (paling bagus). Dan GPU yang digunakan chipset ini pun menggunakan PowerVR G6200. Dampaknya, chipset ini pun mampu berjalan di smartphone dnegan layar beresolusi HD 2K atau 2560 x 1600p. Dan bisa memutar video dengan resolusi HD 4K.

 

Kamera.

Di bagian kamera, chipset MediaTek Helio P10 ini lebih unggul dibanding Helio X10. Karena pada chip Helio P10 ini memiliki banyak fitur dalam hal potret. Seperti fitur Dual Image Signal Processor (ISP) terbaru dengan penambahan denoise, demosaic, dan sharpness. Sedang pada chipset Helio X10 masih menggunakan Dual ISP versi lama.

Di sisi resolusi kamera, CPU Helio P10 ini mampu berjalan di kamera beresolusi maksimal 21 MP, dan kemampuan merekam video beresolusi full HD 1080p dengan @24 fps (frame per second). Sedangkan Helio X10 ini hanya mampu berjalan pada kamera beresolusi maksimal 20 MP, dan kemampuan merekam video maksimal beresolusi HD 4K dengan @30 fps.

 

Koneksi.

Kedua chipset ini telah mendukung jaringan 4G LTE. Namun walau sama – sama mendukung jaringan 4G LTE, kecepatan pertukaran data dari kedua chipset ini pun berbeda.

Mulai dari chip Helio P10 dengan LTE kategori 6 dengan kecepatan unduh/unggah maksimal 300Mbps/50Mbps. Sedangkan chip Helio X10 ini menggunakan LTE kategori 4 dengan kecepatan unduh/unggah maksimal 150Mbps/50Mbps saja.

 

 

Nah, itu tadi Perbedaan Mencolok CPU MediaTek Helio P10 dan Helio X10. Itu smeua tergantung dari vendor smartphone yang ingin menggunakan salah satu dari kedua chip MediaTek tersebut.

Kita hanya menambah sedikit pengetahuan tentang itu saja. Semoga bermanfaat.