Review / /
Cubot Z100 Smartphone Murah Memori Besar

 

Lagi – lagi vendor smartphone asal China membuat sebuah produk yang memiliki spesifikasi mantap namun harga yang miring. Datang dari sebuah vendor bernama Cubot. Kali ini Cubot telah merilis sebuah smartphone baru mereka, yang dikenal sangat murah namun spek tetap mantap. Namanya adalah Cubot Z100. Smartphone ini katanya memiliki memori internal yang besar, kira – kira 16 GB dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana spek lainnya ? Mari kita lihat di bawah.

Desain.

Dimulai dari desainnya dulu. Smartphone Cubot Z100 ini memiliki desain yang berbeda dari smartphone sekelasnya dengan harga yang sama. Yang membedakannya adalah bahan dari smarpthone ini adalah metal alumunium magnesium alloy. Jadi, bukan plastik.

Dimensi dari smartphone ini adalah 143.9 mm × 71.5 mm × 8.0 mm, jadi ketebalannya hanya 8 mm saja. Untuk berat sedang yaitu 169 gram. Namun, smartphone ini tidak memiliki sensor fingerprint mengingat harganya yang murah dan sensor ini cukup mahal.

 

 

Tampilan.

Dari segi tampilan, samrtphone ini cukup oke. Layarnya sudah seluas 5 inchi dengan resolusi full HD 720p atau 720 x 1280p dengan kerapatan layarnya 294 ppi. Dan tipe layar yang digunakan adalah IPS OGS (On Glass Solution) bukan IPS Capacitive lagi.

Dan hasilnya, walau harga murah namun hasil tampilan jernih dan bagus.

 

Kamera.

Untuk kameranya, smartphone ini memiliki resolusi kamera belakang sebesar 8.0MP (interpolated 13.0MP), dengan fitur auto Focus, dan tambahan LED Flash sebagai pengatur penerangan

Untuk kamera depan beresolusi 5 MP (interpolated 8.0MP).

Jadi, smartphone ini juga kualitas jepretan dan videonya bening dan tidak pecah – pecah.

 

Performa.

Nah, mengalih ke dapur pacunya. Smartphone ini telah diisi dengan prosesor dari chipset Mediatek MTK6735P  dengan 4 inti Quad Core dan kecepatan prosesnya 1,0 GHz. Untuk GPU sebagai pengolah grafis pun juga sama dari MediaTek Mali-T720.

Untuk RAM sendiri sebesar 1 GB. Kalau untuk ROM sebagai memori internalnya, besarnya 16 GB, ada slot SD Card sampai 32 GB.

 

Baterai.

Untuk baterai, smartphone ini sudah dibekali baterai berbahan Li-Ion dengan daya 2.450 mAh. Jadi, cukup awet untuk smartphone murah dan bertahan lama ketika digunakan.

 

Sistem Operasi.

Smartphone ini juga up to date kalau masalah sistemnya. Ini karena menggunakan sistem operasi dari OS Android 5.1 Lollipop. Untuk desain antarmuka belum diketahui menggunakan apa.

 

Koneksi.

Untuk koneksi, jaringan 4G LTE, 3G HSPA sudah pasti didukung oleh smartphone ini. Selain itu dual SIM pula. Untuk koneksi lain, seperti 3G HSDPA, 4G LTE, Bluetooth v4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, A-GPS, microUSB v2.0,  USB On-The-Go, sama seperti smartphone umumnya.

 

Harga dan Kabar.

Dan untuk kabarnya, smartphone ini dijual dengan harga USD 99 atau sekitar Rp. 1.300.000. Namun sayangnya, smartphone ini hanya dijual di China. Untuk memesannya, hanya bisa via online di toko online di China. Salah satunya geekbuying.com yang menjual smartphone Cubot Z100.