Review / /
Dirilis 22 Januari 2016, Bagaimanakah Xiaomi Mi 5 itu?

Smartphone asal negeri Tirai Bambu China memang sangat banyak sekali mereknya. Mulai dari merek terkenal, hingga merek – merek KW atau tiruan banyak sekali beredar di dunia. Beberapa merek terkenal dari China seperti Oppo, Evercoss, MiTo, dan juga Xiaomi. Xiaomi memang merek yang tidak bisa dianggap remeh sekali mengingat awal karir mereka yang langsung melejit ke pasaran dunia mengalahkan Samsung dan Apple.

Kali ini, pada acara Spring Festival di China sebagai acara mengawali musim semi, Xiaomi mengadakan acara konverensi pers. Disana, Co FOunder dari perusahaan Xiaomi Liwan Jiang tampil dan memberitahukan sebuah kabar terbaru. Yaitu Xiaomi akan meluncurkan sebuah smartphone terbaru pada tanggal 22 Februari 2016 mendatang. Hal ini juga ditegaskan dari salah satu situs smartphone ternama di China, Gizchina bahwa Xiaomi akan rilis pada tanggal demikian, pukul 14 : 22 waktu setempat. Smartphone ini adalah Xiaomi Mi 5.

Mi 5

Seperti yang dilansir di situs terkenal tersebut, smartphone Xiaomi Mi 5 memiliki spek yang mantap. Mulai dari layar smartphone yang seluas 5,3 inchi. Untuk resolusi layarnya adalah 1440 x 2560 pixels, dengan kerapatan layar 554 pixel per inchi (ppi). Tipe dari layarnya yaitu IPS Capacitive Touchscreen Display dengan 16 juta warna. Hal ini membuat kualitas gambar yang dihasilkan sangat halus dan bagus.

Di bagian kamera belakangnya, sudah memiliki resolusi layar 16 MP, dengan dua LED flash. Di kamera depan sudah beresolusi 6 MP. Untuk fitur – fitur kedua kamera ini yaitu video berkualitas hingga 2160p@30fps, auto focus, face detection, HDR.

Kemudian di bagian dapur pacunya, ada prosesor besutan chipset Qualcomm Snapdragon 820, walau hanya dengan 4 inti atau Quad Core namun berkecepatan 2,2 GHz. Dipadu dengan pengolah grafis dari Adreno 530. Untuk bagian RAM sudah sebesar 4 GB, cocok untuk berbagai aktivitas berat. Dan ROM yang ada dua pilihan yaitu 16 GB dan 64 GB dan masih bisa ditambah dengan slot SD Card.

Untuk baterainya, dayanya cukup besar. Berkapasitas 3030 mAH bertipe Li-Ion cukup untuk bermain game atau browsing lama. Namun sayangnya, baterainya tidak bisa dilepas atau permanen.

Smartphone Xiaomi Mi 5 ini sudah memakai sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan menggunakan desain User Interface asli Xiaomi, MIUI 7.0.

Sebagai smartphone kelas atas, tentu ada fitur spesial yang dimiliki. Untuk Xiaomi Mi 5 ini sudah ada sensor khusus pendeteksi sidik jari atau fingerprint. Sensor fingerprint ini menggunakan teknologi ultrasonik sebagai pendeteksi sidik jari kita. Selain itu, smartphone ini sudah memakai port USB tipe C, dimana port ini merupakan tipe terbaru di dunia smartphone yang mendukung pengiriman data cepat dan Quick Charge / pengisian daya cepat.

Fitur – fitur lain seperti GPS, Bluetooth 4.1, Wi-Fi, Hotspot Tathering, dan lain sebagainya.

Memang sayang sekali, dengan spesifikasi tinggi ini Xiaomi belum juga merilis smartphone terbaru mereka. Mungkin ini untuk membuat para pecinta Xiaomi sabar dan menunggu sampai smartphone ini siap untuk dirilis. Dan untuk harga, masih belum bisa dipastikan mengingat tanggal peluncuran masih lama. Mungkin, akan diperjelas lagi saat akan dirilis nanti.