Review / /
Duo Smartphone ZTE Awal 2016 untuk Segmen Enrty Level

Di awal tahun baru 2016 ini, pasti semua orang punya resolusi atau harapan yang ingin dicapai untuk satu tahun mendatang. Begitu juga dengan perusahaan smartphone terkemuka asal China ini. Yaitu produsen smartphone ZTE. Di awal tahun baru 2016 ini, produsen smartphone ZTE ingin mengenalkan produk baru mereka untuk siap dipasarkan. Kali ini langsung dua smartphone sekaligus untuk kalangan entry level atau kalangan menengah kebawah. Dua smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang cukup mantap, dan harganya terjangkau sekali. Pada ajang CES 2016 atau Consumer Electronic Show 2016, ZTE memperkenalkan kedua smartphone terbaru mereka, ZTE Grand X3 dan ZTE Avid Plus. Spesifikasi dari kedua smartphone ZTE ini tidak bisa dianggap remeh. Berikut mari kita bahas sedikit.

 

  • Smartphone ZTE Grand X3.

ZTe Grand X 3

 

Smartphone ZTE Grand X3 ini adalah smartphone pertama yang paling murah di Amerika Serikat dengan spesifikasi tinggi, dengan USB port tipe C. USB port tipe C merupakan teknologi terbaru yang menjanjikan kecepatan pengiriman data (jika sebagai USB) yang tinggi, dan kecepatan pengisian daya yang tinggi (fast charging).

Yah, smartphone ZTE X3 ini hadir dengan Sistem Operasi Android Lollipop 5.1. Mulai dari layarnya ya, lebar layar sekitar 5,5 inchi dengan resolusi layar HD 720p.

Bagian atas kamera ada kamera depan beresolusi 2 MegaPixel, dan di bagian belakang terpasang kamera beresolusi 8 MegaPixel.

Kita beralih ke bagian dalamnya. Di dalamnya tertanam prosesor chipset Snapdragon 210 dengan 4 inti / quad core 1.3GHz. Untuk pengolah kinerjanya, tersedia RAM sebesar 2 GB. Di ruang penyimpanan, tersedia cukup luas sekitar 16 GB, plus bisa ditambah dengan slot Micro SD sebesar 32 GB. Ditambah dengan dual SIM, dan sudah mendukung teknologi 4G LTE.

Dan pastinya smartphone ini bisa dipakai cukup lama, karena memiliki daya baterai sebesar 3080 mAH.

Untuk komponen lainnya, seperti Bluetooth 4.o dan komponen lain sama dengan smartphone pada umumnya.

 

  • Smartphone ZTE Avid Plus.

ZTE Avid Plus

Dan saudara kembarnya yang lahir bersamaan, ZTE Avid Plus memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari ZTE Grand X3.

Datang dengan luas layar 5 inchi, beresolusi FWVGA 854 x 480p, smartphone yang berbasis Android Lollipop 5.1 ini hanya memiliki kamera belakang dengan resolusi 5 MP dan kamera depan 2 MP.

Di bagian dalamnya, ditanami prosesor Cortex-A7 Quad Core 4 inti berkecepatan 1,1 GHz. Dengan kapasitas RAM yang standar yaitu 1 GB saja. Dan ruang penyimpanan yang juga standar hanya 8 GB, namun tetap bisa ditambah dengan slot SD Card sebesar 32 GB. Dan tentu tetap mengusung port USB C. Ditambah dengan dual SIM, dan sudah mendukung teknologi 4G LTE.

Serta dengan berbekal baterai yang dayanya bisa bertahan agak lama, karena memiliki daya sebesar 2300 mAH.

Untuk komponen lainnya, seperti Bluetooth 4.o dan komponen lain sama dengan smartphone pada umumnya.

 

 

Dari kedua smartphone diatas, ZTE mematok harga yang cukup rendah, walaupun sudah tersedia port USB tipe C yang dikenal merupakan terobosan terbaru di dunia samrtphone. Untuk smartphone ZTE Grand X3 hanya dipatok harga $ 130 atau sekitar Rp. 1.780.000. Dan untuk ZTE Avid Plus dengan harga yang lebih rendah $ 115 atau sekitar Rp. 1.580.000. Smartphone ini telah rilis di Amerika Serikat di awal tahun baru 2016. Tapi jangan terburu – buru untuk order ya, karena smartphone ini baru dirilis ke pasar dunia pada tanggal 20 Januari 2016.