Review / /
Freedom 251 Smartphone Cuma 50 Rupiah

Selama ini kita lihat sebuah smartphone Android di dunia ini dikenal sebagai smartphone yang memiliki harga yang miring, murah namun sepknya juga oke. Harga yang rendah smartphone Android biasanya berkisar antara harga Rp. 500 ribuan sampai 1 jutaan kita sudah mendapatkan sebuah smartphone yang murah dan spek yang oke. Namun, pernahkan terpikir ada sebuah smartphone Android dengan harga termurah di dunia? Tenryata memang ada, dan baru – baru ini sangat gencar dibahas dimana – mana. Nama smartphone ini adalah Freedom 251. Smartphone ini dijual dengan harga super duper miring, yaitu cuma Rp. 50.000 saja. Namun, walau murah spek juga bagus sekali, melebihi harga yang murah. Bagaimana spek lengkapnya? Mari kita cek.

Desain.

Dari desain, smartphone ini memiliki desain yang cukup okelah. Sekilas mirip sekali dengan iPhone 4. Bagian depan smartphone ini berisi kamera, dan sensor sidik jarinya. Sedang untuk bagian belakang sudah ada kamera belakang dan LED flash. Dan chasing bagian belakangnya menggunakan gambar bendera kebangsaan India.

Dengan harga yang miring, smartphone ini tetap memiliki desain yang bagus dan premium.

 

Tampilan.

Di segi tampilan atau display, smartphone ini memiliki layar yang standar yaitu sekitar 4 inchi. Jenis layar yang dipakai adalah IPS Capacitive Touch Screen Display.

Resolusi layarnya sekitar WVGA qHD 960 x 540 piksel, dengan kerapatan layar 275 ppi. Dengan demikian, hasil gambar yang dihasilkan akan tajam dan jernih.

 

Kamera.

Untuk kameranya, smartphone ini memiliki resolusi kamera belakang sebesar 3,2 MP dengan dual tone LED flash.

Untuk kamera depan beresolusi 3 MP. Standar smartphone sekarang untuk kamera depan.

 

Performa.

Nah, mengalih ke dapur pacunya. Smartphone ini telah diisi dengan prosesor dari chipset CPU dari Spreadtrum SC7731dengan 8 inti Octa Core dan kecepatan prosesnya 1,3 GHz. Untuk GPU sebagai pengolah grafis pun juga sama dari Mali 400MP2.

Untuk RAM sendiri ada dua pilihan, yaitu yang sebesar 1 GB. Kalau untuk ROM sebagai memori internalnya, besarnya 8 GB dan belum diketahui apakah bisa ditambah dengan slot SD Card.

 

Baterai.

Untuk baterai, sudah sebesar 1450 mAH, ukuran baterai standar untuk sebuah smartphone kelas menengah kebawah. Dan untuk fitur Quick Charge belum diketahui apakah ada atau tidak dalam smartphone ini.

 

Sistem Operasi.

Smartphone ini juga up to date kalau masalah sistemnya. Ini karena menggunakan sistem operasi dari OS Android 5.1 Lollipop. Untuk desain antarmuka belum diketahui akan menggunakan UI apa nantinya.

 

Koneksi.

Untuk koneksi, jaringan 3G HSPA sudah pasti didukung oleh smartphone ini. Selain itu dual SIM pula. Untuk koneksi lain, seperti 3G HSDPA, Bluetooth v4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, A-GPS, microUSB v2.0.

 

Harga dan Kabar.

Dan untuk harganya sendiri, hanya Rp. 50.000 atau $4 saja. Smartphone ini hanya dijual di India, ini karena smartphone ini mendapat subsidi dari pemerintah India sehingga harganya sangat murah.