HTC One E9 Plus
Review / /
HTC One E9 Plus, Body Plastik dan Metal dengan Spesifikasi Handal

Sukses lewat One M8 dan One M9, tidak lama lagi HTC bakal merilis ponsel premium generasi terbarunya dengan harga yang lebih murah namun memiliki ukuran layar yang lebih lebar dan dengan spesifikasi yang handal. Ponsel yang diberi nama HTC One E9 Plus tersebut masih menggunakan desain yang hampir sama dengan pendahulunya. Bedanya, jika kedua kakaknya menggunakan full metal, maka One E9 Plus hanya menggunakan bahan metal pada rangkanya, sementara pada bagian cangkang atau penutup baterei menggunakan bahan plastik.

Penggunaan bahan plastik pada sisi belakang, tidak membuat ponsel buatan vendor dari China ini kehilangan sentuhan premiumnya sebagai perangkat yang diproduksi untuk kalangan menengah ke atas, karena selain desainnya yang mewah, kualitas layar yang dihadirkan juga sangat istimewah. Dengan bentang layar 5.5 inchi, gambar yang ditampilkan dijamin sangat jernih dan tajam serta mendekati warna aslinya, karena selain menggunakan panel In Plane Switching atau IPS juga mengusung resolusi yang cukup besar, yakni resolusi 2K atau Quad HD 2560 x 1440 pixels dan kerapatan 534 ppi. Tampilan antar mukanya juga cukup menyita perhatian, karena Android V5.0 Lollipop yang digunakan untuk system operasional telah dikolaborasikan dengan HTC Sense 7 UI.

Harga jual yang diperkirakan sebesar 2.999 yuan atau sekitar Rp. 6.3 juta menjadi terasa tidak mahal karena hardware yang menyertai HTC One E9 Plus layaknya perangkat premium lainnya yang handal, yakni sebuah prossesor Octa Core ARM Cortex A53 64-bit yang memiliki Clock Speed 2,1GHz didukung chipset buatan MediaTek MT6795. Otak tersebut menjadi semakin tangguh karena keberadaan RAM berkekuatan 3 GB serta pengolah grafis yang handal, yakni PowerVR G6200.

Dengan dapur pacu yang mumpuni, pengguna tidak perlu merasa khawatir lagi untuk menanamkan berbagai macam aplikasi ke dalam perangkat, apalagi storage yang disediakan juga sangat lapang, yakni 16 GB internal memory yang masih bisa diperluas dengan microSD sampai dengan 128 GB. Pada sisi konektivitas, selain memiliki fitur NFC, GPS, Bluetooth, dan beberapa koneksi standar lainnya, ponsel ini juga mampu beroperasi pada jaringan 4G LTE. Untuk kualitas suara, baik saat dipakai untuk berbicara maupun untuk mendengarkan musik, dipastikan sangat enak ditangkap telinga, berkat kehadiran Technologi Dolby Surround dan speaker BoomSound yang menghadap kea rah depan.

Bagi penggemar fotografi, handset yang memiliki 3 pilihan warna, yakni White Rose Gold, Gray, serta Brown Gold ini, dipastikan akan memenuhi selera karena HTC menyertakan kamera dari Toshiba yang memiliki kekuatan sensor sebesar 20 MP yang dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti LED Flash, Aperture r/2.2, Autofokus, dan sensor berukuran 1/2.3 Inchi. Sementara pada kamera depan, HTC One E9 Plus menanamkan lensa bersensor 4 MP yang dilengkapi tekhnologi UltraPixels.