Iphone 6 Plus
Review / /
iPhone 6 Plus: Ponsel Pintar Kelas Premium

Jika Anda mengenal Steve Jobs, tentunya Anda akan mengenal karya-karya mendiang Jobs yang hingga saat ini menjadi primadona bagi pecinta gadget. Apple merupakan perusahaan yang dibangun oleh Jobs dan masih bertahan hingga saat ini karena produknya yang selalu diproduksi dengan inovasi dan maju di kelasnya. Produk-produk Apple seolah tidak ada yang mengecewakan sehingga banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkan manfaat dan kualitas premium dari produk Apple – apapun produknya.

Selain terkenal baik dalam produk personal computer, Apple juga mengeluarkan lini produk mereka yaitu ponsel cerdas yang mereka namai dengan seri iPhone. Ponsel cerdas keluaran Apple ini terkenal memiliki fitur dan kualitas kelas atas dan cukup merajai pasar elektronik khususnya sektor ponsel cerdas. Setiap peluncuran produk ponsel baru pun selalu mendapatkan antusiasme dan apresiasi tinggi dari masyarakat. Tentunya mereka sudah mengakui kehebatan produk Apple satu ini.

Kali ini akan dibahas mengenai review iPhone 6 Plus, salah satu produk terbaru Apple yang cukup diminati terutama oleh masyarakat Indonesia. Pembahasan akan mencakup spesifikasi, kelebihan, serta kekurangan dari ponsel cerdas satu ini.

iPhone 6 Plus hadir dengan kecanggihan dan eksklusivitas yang terpancar dari fisik hingga perangkat lunaknya. Bodi iPhone 6 Plus ini memiliki dimensi 158.1 x 77.8 x 7.1 mm dengan bobot mencapai 172 gram. Layar sebagai tameng utama ponsel ini memiliki ukuran 5 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixels yang masih diberi tambahan teknologi Scratch Resistant Glass dan Oleophobic Coating. Dengan handset yang cukup tipis dan display anggun ini masih dilengkapi dengan penyematan fitur Multitouch yang mampu mendeteksi beberapa sentuhan pada layar, fingerprint sensor (Touch ID), serta Apple Pay.

Beralih pada kartu grafis, Apple menyematkan prosesor Dual Core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based) yang dikenal gahar dan disokong dengan penggunaan kartu grafis PowerVR GX6650 dan Chipset A8. Sistem operasinya menggunakan iOS 8 yang terkenal baik dalam hal kinerja. Untuk mendukung proses kinerja ponsel ini, Apple juga menyematkan RAM sebesar 1 GB untuk menghandle proses multitasking.

Dari segi fitur, iPhone 6 Plus memiliki fitur kamera yang menjadi keunggulan. Kamera utama pada ponsel ini berukuran 8 MP dan kamera sekunder dengan ukuran 1.2 MP. Kamera utama iPhone 6 Plus ini memiliki resolusi 3264 x 2448 pixels dengan fitur yang ditawarkan berupaoptical image stabilization, phase detection autofocus, dual LED flash ,1/3” sensor size, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, dan face/smile detection. Kamera ponsel ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080 pada 60 frame per second.

Untuk mendukung fasilitas fitur yang ada pada ponsel, Apple juga menyediakan memori penyimpanan dengan kapasitas cukup besar dan bervariasi antara 16 GB, 64 GB, serta 128 GB sebagai varian paling tinggi. Tentunya dengan kapasitas memori penyimpanan internal yang besar ini akan memfasilitasi pengguna dalam menyimpan file berupa data teks, gambar, maupun suara. Dari segi jaringan perangkat, ponsel ini mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G. Baterai yang digunakan untuk mendukung kinerja ponsel ini adalah baterai non-removable Li-Po 2915 mAh. Cukup besar bukan?

Kelebihan yang ada pada Apple iPhone 6 Plus antara lain terletak pada segi display yang memiliki layar luas dan kerapatan yang cukup baik. Tipe layar yang digunakan sudah mengaplikasikan IPS LCD Capacitive Touchscreen. Ponsel ini sudah mendukung jaringan internet super cepat 4G LTE. Meski terbilang mahal, namun ponsel ini menyuguhi Anda kinerja yang baik dengan penggunaan perangkat lunak yang mutakhir serta fitur kelas premium. Sayangnya, iPhone 6 Plus ini juga masih memiliki beberapa kelemahan seperti pada penggunaan prosesor Dual Core di mana pesaing sudah berlomba menggunakan prosesor Quad Core atau bahkan Octa Core. iPhoen 6 Plus juga masih kalah dari segi kamera sekunder yang hanya berukuran 1.2 MP, baterainya tipe non-removable, RAM yang terbilang kecil, serta tidak mendukung fitur Radio FM.