Lenovo-A7000
Review / /
Kesan Pertama Lenovo A7000, Smartphone Multimedia yang Terjangkau

Lenovo tampaknya kembali merilis smartphone baru dengan harga terjangkau tanpa memberikan pencinta smartphone waktu untuk napas sejenak. Perilisan ini bahkan belum dua bulan sejak Lenovo memperkenalkan smartphone terjangkau lain, yaitu A6000 dengan LTE di CES 2015. Raksasa smartphone asal China ini telah mengumumkan smartphone terjangkau penerusnya ini di MWC 2015.


Lenovo A7000 tampak persis seperti pendahulunya A6000, dalam hal ini keduanya memiliki desain candybar utilitarian yang sama yang tidak memiliki penyegaran. Tampilan smartphone ini memiliki tombol power dan volume rocker di tepi kanan ponsel yang terbuat dari logam. Smartphone ini terasa lebih kokoh dengan tebal 8 mm yang keseluruhan body-nya terbuat dari plastik. Lenovo A7000 ini akan tersedia dalam dua varian warna, yaitu Onyx Black dan Pearl White.
Jack audio 3.5mm dan slot MicroUSB tertanam di bagian atas ponsel. Penutup belakangnya dapat dilepas dimana di dalamnya merupakan tempat penyimpanan baterai. Kamera depan smartphone ini memiliki sensor cahaya ambient dengan lubang suara semua diletakkan di atas layar. Lenovo memanfaatkan deretan tiga tombol untuk menavigasi melalui sistem operasi Android. Kamera utama bersama dengan lampu kilatnya tertanam manis di belakang.
Lenovo A7000 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor MediaTek MT6752m dalam Lenovo A7000 merupakan prosesor 1.7GHz octa-core. Ponsel ini memiliki kapasitas RAM 2GB untuk berbagai aplikasi dan layanan, serta ruang penyimpanan internal 8 GB yang dapat diperluas hingga 32 GB dengan menggunakan kartu microSD sebagai ruang penyimpanan eksternal, yang tentunya akan diperlukan oleh pengguna untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan video, foto atau konten audio sebanyak mungkin.
Berbicara tentang multimedia, Lenovo A7000 memiliki layar 720p IPS 5,5 inci yang besar dengan kaca yang terlihat tangguh. Smartphone ini juga, untuk pertama kalinya, Lenovo mengklaim bahwa A7000 menggabungkan teknologi Dolby Atmos didalamnya. Kualitas suara yang dihasilkan saat terpasang pada headphone Sennheiser HD201 menghasilkan suara yang baik. Lenovo juga mengklaim bahwa produk smartphone terbarunya ini dapat menghasilkan audio yang terdengar lebih baik setelah menggunakan Dolby Atmos.
A7000 adalah ponsel produksi Lenovo pertama yang menjalankan Android 5.0 Lollipop. Tentu saja, Lenovo juga telah menambahkan Vibe UI di atasnya. Tampilan notifikasi dan menu multitasking yang dikaburkan diberikan langsung dari vanili Android. Jika tidak, UI ini masih akan terlihat agak terlalu berwarna-warni dapat menjadi bahan kritik oleh para pengguna.
Lenovo A7000 memiliki kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel dan kamera “selfie” yang menghadap ke depan dengan kekuatan 5 megapiksel. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan kamera utamanyanya ini pun tidak mengecewakan. Setidaknya pada layar smartphone anda, gambar yang dihasilkan tampak terlihat tetap tajam bahkan ketika diperbesar.