Lenovo A6000
Review / /
Lenovo A6000, Ponsel Kelas Bawah dengan Tekhnologi 4G LTE

Semakin luasnya cakupan area yang mendukung tekhnologi jaringan berkecepatan tinggi di tanah air, membuat banyak vendor gadget bersaing di kelas bawah dengan melempar produk-produk handpone murah yang mendukung tekhnologi 4G LTE, tidak terkecuali Lenovo lewat produknya Lenovo A6000. Dibandrol dengan harga sekitar Rp. 1,5 juta, ponsel candybar Dual SIM ini telah mampu melaju dengan kecepatan sampai dengan 150 mbps, dan jika pengguna tidak berada di area yang mendukung jaringan LTE, ponsel ini juga menyediakan jaringan HSPA yang memiliki kecepatan hingga 42 mbps. Disamping itu berbagai bentuk konektivitas juga siap untuk digunakan, mulai dari USB, Bluetooth V4.0 serta Wi-Fi 802.11 b/g/n yang dapat difungsikan sebagai hotspot.

Lengkapnya jenis konektivitas dan kemampuannya menjelajah berbagai jenis jaringan tersebut, karena didukung dengan hardware yang lumayan canggih, yakni prosessor Quad Core 64-bit Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang memiliki kecepatan hingga 1.2 GHz, dan didukung RAM berkemampuan 1 GB dengan pengolah grafis buatan Adreno bernomor seri 306. Dengan menggunakan operating system Android Kitkat yang telah diberi sentuhan Lenovo Vibe UI 2.0., Storage yang dimiliki perangkat ini cukup lapang karena internal memori yang disediakan berkapasitas 8 GB. Itupun masih bisa diperluas hingga 64 GB dengan menambahkan microSD.

Tidak hanya dapur pacu yang lumayan tangguh untuk ukuran ponsel entry level, yang membuat Lenovo A6000 memiliki daya saing di pasaran, tapi juga keberadaan layar berukuran 5 inch yang telah dilengkapi Panel IPS Display dan dilapisi Corning Gorilla Glass sebagai pelindung layar. Itupun dengan resolusi yang cukup besar, yakni 720 x 1280 dengan kerapatan pixel ~294 ppi. Kesempurnaan tampilan layar tersebut menjadi semakin menawan karena ponsel didesain dengan body yang tipis berketebalan 8.2 mm serta memiliki dimensi yang ideal yakni 141 x 70 x 8.2 mm dengan berat 128 gram.

Untuk fasilitas fotografi, meski tidak bisa dibilang istimewah, namun kemampuan kamera yang dimiliki tidak kalah dari para kompetitor di kelas bawah, karena kamera utama telah dilengkapi lensa dengan sensor 8 MP yang didukung beberapa fitur penunjang, seperti LED Flash, Auto Focus, Touch Focus, Geo-Tagging, dan Face Detection. Untuk memotret objek yang tidak bergerak, kamera tersebut mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 3264 x 2448 pixels serta dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080p. Sedang untuk kamera sekunder, tersedia lensa berkemampuan 2 MP yang lumayan bagus untuk dipakai selfie serta melakukan panggilan video call.

Sebagai pendukung daya, Lenovo A6000 telah menyiapkan baterei Li-Ion berkekuatan 2300 mAh yang dapat dilepas jika terjadi kerusakan. Walaupun kapasitasnya relatif kecil, namun baterai tersebut bisa dicopot sehingga memudahkan penggunanya apabila terjadi kerusakan. Selain itu baterei ini sudah cukup mampu untuk menggerakkan perangkat dalam waktu yang lumayan lama untuk penggunaan normal.