IOS 9
Review / /
iOS 9, Masih Segar Inilah Kelebihan yang Perlu Diketahui

Perusahaan raksasa Apple memang tidak ada hentinya dalam membuat sebuah fitur – fitur baru bagi para pecinta produk – produk Apple. Dalam sebuah acara resmi yang diadakan oleh pihak Apple, ada beberapa hal penting yang perlu kita catat disana. Yang pertama adalah soal isu akan produk baru dari Apple yaitu iPhone 7 yang akan dirilis tahun 2016 mendatang. Walau masih konsep, namun sudah cukup matang untuk dipublikasikan kepada publik.

Lalu yang kedua berkaitan dengan software atau lebih tepatnya Sistem Operasi. Sistem operasi milik Apple ini begitu penting karena sistem operasi ini merupakan salah satu unggulan dari beberapa sistem operasi yang mendominasi dunia smartphone. Apalagi kalau bukan iOS. Lebih tepatnya adalah iOS 9 yang baru saja resmi dirilis kemarin. Tentu, iOS 9 hadir dengan beberapa hal – hal baru yang dibawa oleh OS (Operating System) yang satu ini. Ayo, mari kita bahas yang masih segar inilah kelebihan yang perlu diketahui dari iOS 9.

  • Ekstra Memori
    Memori yang dimaksud disini adalah memori penyimpanan atau ROM memory. Pada OS sebelumnya yaitu iOS 8 tidak menyinggung sama sekali yang berkaitan dengan ruang penyimpanan. Namun, pada iOS 9 ini ada perubahan yang cukup fantastis. iOS 9 memakan memori yang sedikit. Kapasitas yang dimakan oleh iOS 9 ini hanya sekitar 1,5 GB saja. Itu sekitar 50% lebih sedikit daripada iOS 8 yang memakan memori sekitar 3 GB lebih. Tentu ini merupakan kabar baik bagi para pengguna iPhone.
  • Perbaikan pada keyboard
    Jika pada keyboard iOS 8 ada beberapa perangkat iPhone yang pernah sesekali mengalami bug, atau lag, dan gangguan error lainnya, maka di iOS 9 ini telah diperbaiki. Semua perangkat iPhone dari seri manapun akan lebih ringan dalam menjalankan keyboard dan tentu tanpa error.
  • Perbaikan pada browser Safari
    Browser andalan iOS, Safari kini telah mengalami perbaikan. Perbaikannya itu adalah lebih ringan atau fasilitas fast browse agar dalam memuat halaman lebih cepat dan tidak lelet. Selain itu, ada tambahan add ons “ad blocker”, yang ditujukan agar para spammer, virus, dan berbagai malware lain di internet dapat diblokir melalui pemblokir iklan.
  • Apple News
    Apple kini menyediakan sebuah layanan baru yaitu Apple News yang tak lain sebagai penyedia berbagai informasi. Dengan demikian, para pengguna iPhone tidak perlu bingung untuk mencari sumber informasi yang terpercaya.
  • Power Saving Mode
    Dengan adanya fitur ini, maka baterai smartphone atau tab yang menggunakan iOS 9 akan lebih hemat sampai 1 jam dibanding menggunakan OS sebelumnya. Power saving mode ini sudah ada dalam iOS 9 dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan. Sehingga akan jauh bermanfaat.
  • Update Apple Maps
    Update dari Apple Maps adalah semua benda di dalam peta akan terlihat. Perbaikan ini dari versi maps sebelumnya dimana terkadang gambar tidak muncul, atau terjadi bug. Dan uniknya lagi, ada fitur building map atau peta untuk sebuah gedung atau bangunan umum. Seperti bandara, mall, dan bangunan lainnya.
  • Digital Assistant yang lebih baik
    Digital Assistant andalan dari Apple yaitu Siri kini jauh lebih responsive dan lebih banyak pengetahuannya. Ini karena penambahan kepintaran dan database untuk aplikasi Siri. Sehingga Siri sekarang ini jauh lebih baik dari Cortana milik Windows, dan Google Now milik Android.

Dan juga lebih responsive dan baik dalam menampilkan hasil dalam setiap perintah yang kita berikan.

Nah, itulah beberapa keunggulan yang dibawa oleh iOS 9 yang masih fresh ini. Bagi yang memiliki smartphone iPhone bisa untuk langsung melakukan Upgrade ke iOS 9. Tentu disesuaikan juga dengan seri iPhone. Semoga dengan perubahan – perubahan yang dibawa ini, akan lebih memaksimalkan lagi kinerja dan performa dari iPhone kita. Nah, demikian, dan semoga bermanfaat.